Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Klaim Program Sejuta Rumah Tembus 79.568 Unit

Kompas.com - 20/03/2024, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir Februari 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan mencatat Program Sejuta Rumah (PSR) telah tembus 79.568 unit.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, PSR merupakan wujud nyata pemerintah benar-benar hadir untuk menyediakan hunian layak dan terjangkau untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, PSR merupakan gerakan percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan perumahan dalam menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat yang telah dicanangkan oleh Presiden RI sejak 29 April 2015 lalu.

Baca juga: Kuartal III, 896.121 Rumah Terbangun Lewat PSR

"Dalam pelaksanaannya, Kementerian PUPR juga terus mendorong kolaborasi dan sinergi dari berbagai mitra kerja di bidang perumahan seperti kementerian/ lembaga, pemerintah daerah, perbankan, sektor swasta dan masyarakat," katanya dalam siaran pers, Rabu (20/3/2024).

Sementara itu, Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur menerangkan, capaian PSR tersebut sekitar 7,63 persen dari total target nasional.

Ini meliputi capaian pembangunan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebesar 61.906 unit dan non-MBR sebesar 17.662 unit.

Capaian rumah untuk MBR dilaksanakan oleh Kementerian PUPR sebanyak 1.315, pemerintah daerah 205 unit, pengembang non-FLPP 60.383 unit, Corporate Social Responsibility (CSR) perumahan 2 unit, serta masyarakat 1 unit.

Adapun untuk rumah non-MBR dilaksanakan oleh pengembang non-MBR 17.642 unit dan masyarakat 20 unit.

Menurut Fitrah, kinerja pendataan PSR dan geliat realisasi pembangunan sejuta rumah cenderung mengalami peningkatan.

Hal ini tergambar dari perbandingan year on year (tahunan) capaian PSR Februari 2024 sebesar 79.568 unit mengalami peningkatan dibandingkan Februari 2023 yaitu sebesar 42.885 unit.

"Kami optimistis capaian PSR akan terus meningkat hingga akhir tahun dan didukung oleh semua pihak karena rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi,” tutup Fitrah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com