Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah dari Manila, Harga Rumah Mewah di Jakarta Naik Cuma 0,6 Persen

Kompas.com - 18/03/2024, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2023, harga rumah mewah di Jakarta hanya berhasil naik 0,6 persen dibandingkan kondisi tahun sebelumnya.

Ini membuat Jakarta berada di posisi ke-73 dari 100 kota teratas dunia dalam Indeks Prime International Residential Index (PIRI) 2024, keluaran Knight Frank.

Pertumbuhan harga rumah mewah di Jakarta masih kalah jauh dibandingkan dengan yang terjadi di ibukota Filipina, Manila.

Tahun kemarin, kenaikan harga rumah mewah di Manila bahkan mencapai 26 persen. Ini menjadikan Manila sebagai kota dengan harga kenaikan rumah mewah tertinggi di dunia.

Baca juga: Rumah Mewah Dikelilingi 4 Gunung Dibanderol hingga Rp 8,8 Miliar

Sementara itu, Dubai turun satu posisi ke nomor 2 dibandingkan kondisi tahun 2022, di mana kenaikan harganya hanya 16 persen.

Pada awal tahun 2023, para ekonom memprediksi bahwa kenaikan harga rumah mewah tidak akan terlalu signifikan.

Secara rata-rata, harga rumah mewah di kawasan Asia Pasifik naik 3,8 persen dari tahun sebelumnya, lebih tinggi dari yang terjadi di benua Amerika, yakni 3,6 persen.

Baca juga: Kategori Hunian yang Boleh Dibeli WNA, Rumah Mewah dan Rusun Komersial

Sementara itu, kenaikan harga di kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika masih lebih rendah yakni ada di angka 2,6 persen. Timur dan Afrika tertinggal (2,6 persen).

Seperti prediksi tahun lalu, rumah yang berada di area dengan sinar matahari terus mengungguli dan tercatat naik 4,7 persen.

Knight Frank mencatat, di London, New York, Dubai, Singapura, Hong Kong dan Sydney, penjualan rumah mewah terus menurun, rata-rata sebesar 37 persen dari tahun ke tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com