Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Indrapura-Kisaran Tersambung Penuh, Medan ke Kisaran Hanya 2,5 Jam

Kompas.com - 02/03/2024, 16:20 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Jalan Tol Indrapura-Kisaran tersambung penuh, maka perjalanan dari Medan menuju Kisaran hanya membutuhkan waktu 2 jam 30 menit yang semula hingga 5 jam.

Artinya, tol ini dapat memangkas waktu tempuh setengah perjalanan, terutama untuk mudik Lebaran nanti.

"Selain memperkuat konektivitas masyarakat, distribusi logistik akan semakin mudah, dan perekonomian semakin menggeliat," ucap Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam rilis, Sabtu (2/3/2024).

Kini, Hutama Karyatelah menuntaskan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) terhadap salah satu ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yakni, Jalan Tol Indrapura-Kisaran II Seksi Limapuluh-Kisaran dengan panjang 32,15 kilometer, Kamis (29/2/2024) hingga Jumat (1/3/2024).

Evaluasi ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi yang terdiri dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga: Tol Limapuluh-Kisaran Tuntas ULF, Siap Beroperasi Bulan Puasa

Tjahjo menjelaskan, infrastruktur konektivitas ini terdiri dari dua seksi dengan total panjang 47,75 kilometer.

Kini, progres pembangunan fisik Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Limapuluh-Kisaran telah rampung.

Untuk mendukung percepatan pengoperasiannya, dilakukan pemeriksaan jalan tol ini sebelum dilalui oleh pengguna jalan.

Menurut Tjahjo, tingginya antusiasme masyarakat saat peresmian Tol Indrapura-Kisaran Seksi I Indrapura-Limapuluh (15,6 kilometer) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (7/2/2024) lalu semakin mendukung semangat perusahaan untuk dapat segera mengoperasikan kedua seksi Tol Indrapura-Kisaran.

"Semoga hasil dari pemeriksaan ini dapat segera kami terima, untuk mendukung penuh mobilitas masyarakat pada Ramadhan mendatang,” ujar Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com