Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Prabowo-Gibran Berjanji Lanjutkan Pembangunan IKN...

Kompas.com - 15/02/2024, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sejauh ini, perolehan suara pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mengungguli dua pasangan lainnya versi hitung cepat (quick count) Litbang Kompas.

Berdasarkan Quick Count Litbang Kompas pada Kamis (15/2/2024) pukul 11.15 WIB dengan jumlah data masuk 88,70 persen, Prabowo-Gibran meraih 58,71 persen.

Sementara itu, Anies-Cak Imin mendapatkan 25,05 persen dan Ganjar-Mahfud 16,24 persen.

Jika kelak pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu resmi terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, salah satu janjinya yakni melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Komitmen Prabowo-Gibran mengenai kelanjutan pembangunan IKN tertera di dalam dokumen visi misinya.

Baca juga: Janji-janji Prabowo-Gibran Soal Perumahan Rakyat

Di dalam visi "Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045", terdapat 8 Misi Asta Cita, 8 Program Hasil Terbaik Cepat, dan 17 Program Prioritas.

Adapun terkait melanjutkan pembangunan IKN termasuk salah satu dari 17 program prioritasnya.

Di dokumen itu tertulis bahwa pembangunan Indonesia harus lebih merata melalui penciptaan pusat pertumbuhan baru di luar Pulau Jawa.

Salah satunya adalah pembangunan IKN dan pembangunan 10 kota-kota inovatif, berkarakteristik, dan mandiri.

Di berbagai kesempatan, sebetulnya Prabowo-Gibran telah menunjukkan keberpihakannya tentang nasib pembangunan IKN selepas era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti halnya saat berkampanye di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Sabtu (20/1/2024), Prabowo pernah menegaskan dukungannya untuk pembangunan IIKN.

Menurutnya, dampak positif akan dirasakan oleh rakyat Kalimantan sebab IKN jadi sarana pemerataan pembangunan.

"Dengan adanya IKN dampak pembangunan akan dirasakan oleh rakyat Kalimantan," ujar Prabowo disambut riuh pendukungnya yang hadir di Gedung Olah Raga (GOR) Rudi Resnawan dikutip dari Kompas.com.

Untuk itu, dalam orasi politik di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Prabowo menyampaikan dirinya bersama Gibran Rakabuming Raka siap melanjutkan pembangunan IKN.

"Tentu kita akan mendukung IKN yang berada di Kalimantan, ini akan berdampak positif untuk rakyat Kalimantan," pungkasnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com