Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Gibran Janji Teruskan Bangun Infrastruktur Desa

Kompas.com - 26/10/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berjanji akan melanjutkan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat di pedesaan.

Agenda itu telah dicurahkan Prabowo-Gibran di dalam Visi "Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045", dan 8 Misi Asta Cita.

Dikutip dari salinan dokumen visi misi itu, salah satu dari 8 Misi Asta Cita ialah membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

Komitmen tersebut juga diperkuat adanya 8 Program Hasil Terbaik Cepat. Di mana salah satu poinnya berisi tentang pembangunan infrastruktur desa.

Baca juga: Prabowo-Gibran Bakal Lanjutkan Pembangunan IKN

Isi selengkapnya yakni melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan.

Untuk diketahui, era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menjalankan program tentang pembangunan infrastruktur desa.

Jokowi pernah menyampaikan bahwa selama sembilan tahun, pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur skala besar, melainkan juga infrastruktur kecil yang tersebar di desa-desa.

Salah satu contohnya pembangunan jalan desa yang sumber pendanaannya dari APBN melalui Dana Desa.

"Ada lebih dari 320.000 kilometer jalan desa, 1,7 juta meter jembatan, dan lain-lainnya," tukas Jokowi pada Rabu (18/10/2023), dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com