Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dipastikan tidak terhambat adanya musim hujan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Pasalnya, kontraktor yang bekerja di IKN bukanlah kontraktor baru dan tentu sudah berpengalaman.

"Enggaklah, saya kira kalau kita di Indonesia ini kan memang musim hujan-musim panas. Itu bukan kontraktor yang baru," tegas Basuki.

Sebagaimana banyak musim yang dimiliki Indonesia, yakni musim hujan dan musim kemarau, kontraktor dalam negeri diyakini telah memiliki metode khusus sehingga proyek infrastruktur tidak akan berhenti total selama musim hujan.

Namun demikian, karena sedikit kendala tersebut, kemungkinan adanya perlambatan kecepatan penyelesaian proyek bisa terjadi.

Baca juga: Investor Domestik di IKN Lebih Sat-Set

"Kita ini kan di dua musim, jadi enggak mungkin di musim hujan berhenti total. Melambat ya mungkin agak melambat karena memang jalannya kan (akses sulit), tapi sudah diperkeras semua jalannya juga," imbuh Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Basuki menjelaskan bahwa progres proyek infrastruktur dasar IKN tahap satu telah mencapai lebih dari 55 persen.

"Rata-ratanya sekitar batch satu yang Jalan Tol, Kantor Presiden, Istana Presiden, Kantor-Kantor Pemerintahan sudah lebih dari 55 persen, mudah-mudahan nanti Juli-Agustus (2024) sudah jadi," tandas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com