Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membocorkan terkait progres pembangunan gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti membeberkan, progres pembangunan gedung Kemenko di IKN sudah lebih dari persen lebih atau sekitar 25 persenan.

"(Kalau gedung) Kemenko tuh ada empat, progresnya sampai dengan saat ini, rata-rata ada 20 persen lebih, 25-an persen lah," ucap Diana usai konferensi pers Hari Habitat Dunia (HHD)-Hari Kota Dunia (HKD) 2023 di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Diana berharap, pembangunan gedung Kemenko di IKN sudah selesai pada Juni 2024 mendatang dan dapat dimanfaatkan pada Agustus 2024.

Baca juga: HK Masuk, Empat Proyek Kantor Kemenko di IKN Dikuasai BUMN Karya

Untuk diketahui, empat proyek pembangunan gedung dan kawasan Kemenko di IKN resmi digarap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya.

Dikutip dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, proyek Kantor Kemenko 1 atau Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) digarap PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk atau WEGE dengan nilai kontrak Rp 745 miliar.

Sebagai informasi, WEGE adalah anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang bergerak di bidang konstruksi bangunan.

Berlanjut ke proyek Kemenko 2 atau Kemenko Bidang Perekonomian PT Hutama Karya (Persero) yang menandatangani kontrak pembangunan gedung dan kawasan Kantor Kemenko 2 (Bidang Perekonomian) senilai Rp 766 miliar.

Sedangkan proyek Kemenko 3 atau Kemenko Bidang Politik, Hukum, dan HAM, serta Kemenko 4 atau Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Adapun nilai kontrak Kantor Kemenko 3 sebesar Rp 789 miliar, sementara Kantor Kemenko 4 senilai Rp 735 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com