Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rest Area" Tol Pekanbaru-Bangkinang Dipercantik, Bercorak Adat Riau

Kompas.com - 02/10/2023, 15:25 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang mempunyai rest area baru yang segera dioperasikan.

Rest area yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ini berada di STA 36+000 sisi A dan sisi B. 

Saat ini HKI masih menyelesaikan 9 kilometer main road, yang di dalamnya termasuk rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Sementara Jalan Tol Pekanbaru–Bangkinang yang sudah selesai dibangun oleh HKI ada sepanjang 31 kilometer dan telah dioperasikan sejak tahun 2022.

Pengerjaan rest area sudah memasuki tahap finishing untuk menyempurnakan pembangunan dan juga rencana pekerjaan marka jalan.

Mulai dikerjakan pada bulan Januari 2023, rest area ini memiliki desain yang mengadaptasi nuansa adat Riau dengan atap lipat pandan dan ornamen atap selembayung.

Baca juga: Dalam 9 Bulan, Terjadi 125 Karhutla di Sekitar Tol Terpeka dan Palindra

Corak budaya ditonjolkan dalam rest area sebagai bentuk pelestarian serta memperkenalkan budaya daerah Riau kepada pengguna jalan tol yang melintas.

Rest area Tol Pekanbaru–Bangkinang direncanakan dapat menampung sekitar 115 kendaraan, dengan rincian 77 kendaraan kecil, dan 38 kendaraan besar.

Rest area tipe A ini menyediakan fasilitas penunjang berupa toilet umum, masjid, pujasera, stand UMKM, minimarket, tempat parkir kendaraan, serta tersedia lahan untuk pembangunan SPBU ke depannya.

Selain itu, rest area ini dirancang dengan memperhatikan ruang terbuka hijau dan menyediakan wilayah khusus tenant UMKM.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dan rest area di dalamnya diharapkan bukan hanya menjadi tempat transit pengendara, namun juga digunakan sebagai sarana bersosialisasi masyarakat sekaligus sentra ekonomi kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com