Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Asy Syamsu Al Abadiyah di Rest Area Tol Surabaya-Mojokerto Diresmikan

Kompas.com - 23/07/2023, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk meresmikan Masjid Asy Syamsu Al Abadiya di Rest Area Travoy 725A ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto pada Sabtu (22/7/2023).

Seperti diketahui, rest area Travoy 725A dikelola oleh anak usaha Jasa Marga yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, Dewan Komisaris Jasa Marga M. Roskanedi, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B.

Kemudian Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan, Komisaris PT JMRB Aldrin Maulana, Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman, Direktur Bisnis Fasilitas Jalan Tol PT JMRB Bimo Esmunantyo, Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya-Mojokerto (JSM) D. Hari Pratama, serta sejumlah Jajaran Direksi kelompok usaha Jasa Marga Group.

Baca juga: Resmi Naik, Ini Rincian Tarif Anyar Tol Surabaya-Mojokerto

Pada kesempatan ini, Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah mengatakan, dengan diresmikannya Masjid Asy Syamsu Al Abadiya maka kebutuhan para pengguna jalan tol dapat semakin terpenuhi.

Terlebih, rest area adalah salah satu instrumen penunjang Standar Pelayanan Minimum (SPM) bagi jalan tol, harus terus menghadirkan fasilitas yang mengakomodir kebutuhan pengguna jalan tol.

"Semoga, dengan diresmikannya Masjid Asy Syamsu Al Abadiyah ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah,” jelasnya dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com.

Zainal berharap masjid baru ini terus dimanfaatkan sebaik-baiknya, serta dimuliakan dan dimakmurkan dengan berbagai kegiatan keagamaan, sehingga dapat memberikan keberkahan bagi Rest Area Travoy 725A.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengungkapkan, bahwa masjid merupakan salah satu elemen penting bagi pelayanan di rest area, karena menjadi sarana ibadah bagi umat Islam.

Baca juga: Rest Area di Jalan Tol Perlu Diperbanyak dan Dirancang Lebih Baik

Dikatakan, masjid merupakan salah satu fasilitas rest area yang paling sering digunakan oleh pengguna jalan tol.

Ia pun berharap, kehadiran Masjid Asy Syamsu Al Abadiyah yang dibangun sejak Desember 2022 ini semakin melengkapi fasilitas di Rest Area Travoy 725A ruas tol Surabaya-Mojokerto.

"Dengan kehadiran Masjid Asy Syamsu Al Abadiyah maka fasilitas di Rest Area Travoy 725A menjadi makin lengkap. Pembangunan masjid ini juga membuktikan komitmen Jasa Marga Group untuk terus menghadirkan fasilitas dan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol,” papar Subakti.

Ke depannya, ia berjanji Jasa Marga akan terus meningkatkan pelayanan melalui fasilitas-fasilitas baru di rest area yang dikelola oleh Jasa Marga Group.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman mengatakan, Rest Area Travoy 725A ruas Surabaya-Mojokerto selalu berusaha memberikan pelayanan yang maksimal bagi pengguna jalan tol.

Selain masjid, di rest area ini sudah terdapat berbagai fasilitas utama seperti SPBU, toilet gratis, area parkir, dan area kuliner yang diisi oleh mayoritas tenant dari pelaku UMKM.

"Sekitar 65 persen tenant di Rest Area Travoy 725A ruas Surabaya-Mojokerto diisi oleh pelaku UMKM. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM, termasuk bagi masyarakat sekitar rest area,” jelasnya.

“Rata-rata sekitar 3.887 kendaraan yang memasuki rest area ini setiap harinya. Ke depannya, kami tengah mengkaji untuk pengembangan Rest Area Travoy 725A agar kebutuhan pengguna jalan tol semakin terpenuhi," tambah Denny.

Selain Rest Area Travoy 725A di ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto, Jasa Marga melalui PT JMRB juga mengelola delapan rest area lainnya di wilayah Jawa Timur.

Masing-masing yaitu Rest Area Travoy 597 A dan B ruas Ngawi-Kertosono, Rest Area Travoy 66 A dan B ruas Pandaan Malang, Rest Area Travoy 84 A dan B ruas Pandaan-Malang, serta Rest Area Travoy 792 A dan B ruas Gempol-Pasuruan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com