Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Bangun Bandara Baru di Malut, Pakai Skema KPBU

Kompas.com - 16/09/2023, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun bandara baru di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Menhub Budi Karya Sumadi pun telah meninjau lokasi rencana pembangunan Bandara Loleo pada Jumat (15/09/2023) lalu.

Lokasi calon bandara baru tersebut terletak di Desa Aketobololo, atau sekitar 23 km dari Kota Sofifi yang merupakan Ibu Kota Maluku Utara.

Budi menyampaikan, Bandara Loleo akan dibangun oleh pihak swasta dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sementara Pemerintah Daerah akan melakukan pembebasan lahan.

"Kita merencanakan akan membangun satu bandara yang melengkapi Ibukota Maluku Utara yaitu Sofifi," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Bangun Bandara VVIP di IKN, Kementerian PUPR Siapkan Dana Rp 2,7 Triliun

Bandara Loleo rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 400 hektar, dengan panjang runway 2.400 meter dan lebar 45 meter.

Menhub berharap, adanya bandara baru Loleo ini akan semakin mendukung transportasi di Maluku Utara, khususnya kota Sofifi.

"Selain itu, pariwisata yang merupakan andalan dari Maluku Utara bisa digalakkan, para investor yang akan melakukan kegiatan penambangan mendapatkan bandara yang proper, dan bandara baru dapat digunakan untuk penerbangan haji," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mengatakan, impian Maluku Utara untuk memiliki bandara di dekat Ibu Kota Provinsi kini semakin nyata.

Sejauh ini aktivitas penerbangan paling banyak dilakukan di Bandara Sultan Babullah, Pulau Ternate. Sementara mayoritas penduduk berada di Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesar di Maluku Utara.

"Bandara ini nanti dijadikan bandara haji, investor juga bisa membangun wisata dan kami punya lumbung ikan juga akan didukung oleh adanya bandara ini," tutup Abdul Ghani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com