Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntas Oktober 2024, Nih Progres Proyek SPAM Jatiluhur I

Kompas.com - 16/09/2023, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

SPAM ini akan memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat yang disalurkan melalui Saluran Tarum Barat.

Dikutip dari laman Kementerian PUPR pada Sabtu (16/09/2023), progres pekerjaan per 20 Agustus 2023 telah mencapai 47,47% dan ditargetkan akan selesai pada Oktober 2024.

SPAM Regional Jatiluhur I memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Cibeet dan Bekasi Jawa Barat. Totalnya menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter/detik.

”SPAM Regional Jatiluhur I nantinya akan mampu mendistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, khususnya Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang," jelas Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya, Anang Muchlis.

Baca juga: Warga DKI Bakal Dilarang Ambil Air Tanah jika Dua SPAM Ini Tuntas

Proyek SPAM Regional Jatiluhur yang dimulai sejak Januari 2022 diprakarsai oleh Konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Tirta Gemah Ripah dengan masa kerjasama 30 tahun.

Alokasi air minum curah untuk masing-masing wilayah layanan SPAM Regional Jatiluhur I yakni DKI Jakarta sebesar 4.000 liter/detik, Kota Bekasi sebesar 300 liter/detik, Kabupaten Bekasi sebesar 100 liter/detik, dan Kabupaten Karawang sebesar 350 liter/detik.

SPAM Regional Jatiluhur I terdiri dari sistem hulu dan sistem hilir.

Sistem hulu dilaksanakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan lingkup kegiatannya meliputi pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA), dan jaringan distribusi utama hingga titik serah (offtake).

Pembangunan sistem hilir SPAM Regional Jatiluhur I, yaitu melanjutkan perpipaan dari titik serah KPBU, meliputi pembangunan reservoir, pipa jaringan distribusi hingga ke unit pelayanan berupa SR merupakan kewajiban Pemerintah Daeah.

Pemerintah Pusat memberikan dukungan program untuk sistem hilir SPAM Regional Jatiluhur I melalui APBN dan SBSN pada tahun anggaran 2023-2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com