Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cilegon Bakal Jadi Kota Lengkap, Seluruh Bidang Tanahnya Terdaftar

Kompas.com - 28/07/2023, 09:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - Kota Cilegon di Provinsi Banten ditarget menjadi kota lengkap pada akhir tahun 2023.

"Cilegon Insya Allah akhir tahun ini jadi kota lengkap," ucap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banten, Sudaryanto saat menerima kunjungan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto di Kantor Wali Kota Tangerang pada Kamis (27/7/2023).

Kota lengkap adalah wilayah yang mana seluruh bidang tanahnya sudah terdaftar, sehingga bisa mencegah kejahatan oknum mafia tanah.

"Insya Allah dengan kerja keras dan komitmen para kepala kantor yang terus kami monitor dan kami evaluasi, target yang telah diamanatkan bisa diselesaikan dengan tuntas," imbuh Sudaryanto.

Selain itu, Sudaryanto juga menyampaikan bahwa Kanwil BPN Banten mendapatkan target penyelesaian Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 sebanyak 124.134 bidang dan saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Sementara total jumlah bidang tanah di Provinsi Banten ada lebih dari 5 juta dengan 3,7 bidang di antaranya telah terdaftar.

Sedangkan 1,3 juta bidang tanah lainnya masih dalam proses pengerjaan dengan target penyelesaian pada 2023-2024.

Baca juga: Berantas Mafia Tanah, Hadi Tjahjanto Evaluasi Setiap Bulan

Pada kesempatan yang sama, Menteri Hadi menyampaikan, setelah Cilegon ada Tangerang Selatan yang akan menjadi kota lengkap.

"(Selanjutnya) Tangerang Selatan, termasuk yang pertama tadi Cilegon," ucap Hadi.

Dalam acara tersebut, Hadi turut menyerahkan 303 sertifikat aset kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Pemerintah Kota (Pemkot) di Provinsi Banten, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang diwakilkan oleh 12 orang penerima.

303 sertifikat aset tersebut terdiri dari sertifikat aset Pemprov Banten 42 bidang, Pemkab 89 bidang, Pemkot 97 bidang, Barang Milik Negara (BMN) 30 bidang, dan BUMN 45 bidang.

"Sekarang tugasnya adalah Pemerintah Daerah (Pemda) gimana caranya membantu untuk menunjukkan di mana aset-aset Pemda berada," pesan Hadi untuk mempercepat penyelesaian target PTSL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com