Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Jalan Rusak di Bengkulu, Pusat Gelontorkan Rp 327 Miliar

Kompas.com - 21/07/2023, 16:44 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Pusat akan memperbaiki jalan rusak di Provinsi Bengkulu berlandaskan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Dikutip dari laman Kementerian PUPR, perbaikan jalan daerah di Provinsi Bengkulu sebanyak 8 ruas dengan total panjang 155,7 km dan alokasi anggaran Rp 327,12 miliar.

Meliputi, ruas Jalan Kerkap-Tanjung Agung Palik-Gunung Selan-Girimulya sepanjang 58,4 km, Jalan Palak Siring-Matai di Kabupaten Bengkulu Selatan 18,28 km, Jalan Tanah Rekah-Sp IV Teras Terunjam 19,1 km, Jalan Tenangan-Rawasari Kabupaten Seluma 9,7 km.

Lalu, Jalan Simpang Pt Maju-Talang Baru hingga Gajah Makmur Kabupaten Mukomuko 32,15 km, Jalan Suka Maju-Bukit Makmur Kabupaten Mukomuko 8,4 km, Jalan Embong Panjang-Semelako Kabupaten Lebong 5 km, dan Jalan Talang Bunut-Lemeupit Kabupaten Lebong 4,63 km.

"Untuk di Provinsi Bengkulu ada 8 ruas yang ditangani lewat Inpres tersebut, tetapi kita masih proses kemungkinan akan bertambah," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau dimulainya penanganan Jalan Kerkap-Tanjung Agung Palik-Gunung Selan-Girimulya, Jumat (21/07/2023).

Baca juga: Akhir Tahun, Panjang Jalan Pansela di DIY Bertambah 10,9 Kilometer

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, perbaikan jalan daerah yang rusak di beberapa provinsi sudah dimulai.

"Kita sudah mulai seperti di Bengkulu dan 12 provinsi lainnya secara serentak, seperti Lampung, Jambi, Sumatera Utara dan Jawa Barat," tandasnya.

Direktur Preservasi Wilayah 1 Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Nyoman Suaryana mengatakan, untuk DIPA pekerjaan jalan Inpres Nomor 3 Tahun 2023 sudah terbit pada 11 Juli 2023.

"Kemudian kita langsung lakukan lelang atau pengadaan dengan e-katalog. Per tanggal 20 Juli 2023 sudah terkontrak 24 paket pekerjaan dengan nilai sekitar Rp 1 triliun lebih untuk di seluruh Indonesia dari total anggaran Rp 7,4 triliun untuk tahap 1," bebernya.

Menurut dia, Kementerian PUPR menargetkan seluruh 229 paket sudah terkontrak dan bisa segera dikerjakan hingga akhir Juli 2023.

"Target diselesaikan semuanya pada akhir tahun 2023 ini, kecuali satu paket di Jawa Tengah dengan kontrak tahun jamak sampai 2024, yakni di ruas Jalan Tambakmulyo," tutup Nyoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com