Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Pasar Purwodadi di Bengkulu Bakal Punya Wajah Baru

Kompas.com - 21/07/2023, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian PUPR akan membangun Pasar Purwodadi di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Pasar yang pernah dilanda kebakaran pada 5 April 2021 lalu tersebut akan segera dibangun kembali oleh Kementerian PUPR sesuai perintah Presiden Jokowi.

Hal itu dipastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi Pasar Purwodadi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Jumat (21/7/2023).

"Dalam proses lelang, segera dimulai paling lambat akhir Agustus 2023. Perkiraan selesai awal tahun depan di 2024," ujar Jokowi dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Tuntas Dipersolek, Pasar Gedhe Klaten Siap Ditempati Pedagang

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan konstruksi Pasar Purwodadi akan dimulai pada Agustus 2023 dengan masa pekerjaan sekitar sembilan bulan.

"Total anggarannya sebesar Rp 110 miliar," tandasnya.

Ilustrasi rancangan Pasar Purwodadi di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.Dok. Kementerian PUPR Ilustrasi rancangan Pasar Purwodadi di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.
Menurut dia, perbaikan pasar tradisional bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di berbagai daerah.

Selain itu, meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata dan lebih estetis (tidak kumuh).

"Kementerian PUPR tidak hanya membangun infrastruktur besar seperti jalan tol dan bendungan, tetapi juga infrastruktur kerakyatan seperti pasar dan sekolah," pungkas Basuki.

Rehabilitasi pasar ini dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Rehabilitasi Pasar Purwodadi di atas lahan sekitar 2,2 hektar yang terdiri dari blok A, B,  dan C, yang masing-masing dua lantai. Dengan total kapasitas sekitar 1.004 kios.

Untuk area pasar Blok A akan dimanfaatkan sebagai area pasar basah dan non-pangan, area Blok B untuk area pasar kering dan non-pangan, dan Blok C untuk area makanan siap saji.

Bangunan Pasar Purwodadi Bengkulu Utara akan dilengkapi dengan parkir mobil dan motor, serta plaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com