Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khusus Sabtu 1 Juli 2023, Naik LRT Sumsel Gratis

Kompas.com - 30/06/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang akan menggratiskan tarif Lintas Raya Terpadu (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) hanya Sabtu (1/7/2023).

Mengutip laman Instagram LRT Sumsel @lrtsumselofficial, Jumat (30/6/2023), promo ini diberikan hanya dalam rangka mewujudkan program Gerakan Nasional Kembali Ke Angkutan Umum (GNKAU) dan memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 Tahun, pada 1 Juli 2023.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh LRT Sumatera Selatan (@lrtsumselofficial)

Sementara itu, sejak 1 Januari 2023 hingga 28 Juni 2023, sebanyak 1,88 juta orang menaiki LRT Sumsel.

Manajer Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan hal ini seperti dikutip dari Antaranews, Jumat (30/6/2023).

Dia menjelaskan, rata-rata harian jumlah penumpang LRT sebanyak 10.535 orang, dengan tiga stasiun yang paling ramai penumpang adalah Asrama Haji, DJKA dan Bumi Sriwijaya.

Saat ini ada tujuh koridor feeder LRT Musi Emas dan akan bertambah secara bertahap, yaitu Stasiun LRT Polresta-via kompleks OPI.

Kemudian, Stasiun RSUD-via Sukawinatan, Stasiun LRT Asrama Haji-via Talang Betutu, dan Stasiun DJKA via Terminal Pasar Plaju.

Kemudian, Stasiun Kamboja-Bukit Siguntang via Stasiun LRT Demang, Stasiun Talang Kelapa - Talang Buruk via Asrama Haji, dan Stasiun Asrama Haji-Sematang Borang via Jalan Nurdin Panji.

”Keberadaan feeder LRT Musi Emas ini merupakan salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan angkutan pengumpan (feeder) bagi masyarakat pengguna LRT,” jelasnya.

Selain itu, dalam meningkatkan penumpang, pihaknya tarif LRT Sumsel pada 1 Juli 2023 atau bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-77.

“Sebelumnya kegiatan serupa telah dilakukan peringatan pada HUT Kota Palembang 1.340 tahun, hal ini bertujuan selain meningkatkan jumlah penumpang LRT Sumsel dan momen kembali untuk sosialisasi gerakan menggunakan transportasi umum,” kata Aida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com