Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat peningkatan signifikan volume lalu lintas di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) pada 22-23 April 2023.

Secara kumulatif pada dua hari Lebaran tersebut, tercatat sebanyak 40.283 kendaraan meninggalkan Kota Medan melalui Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi.

Angka ini meningkat 73,7 persen dibandingkan lalu lintas normal November 2022 sebanyak 23.197 kendaraan.

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk mengantisipasi kepadatan di gerbang tol dan akses masuk dan keluar jalan tol, khususnya di GT Tebing Tinggi yang menjadi akhir dari Jalan Tol MKTT.

Jasa Marga juga terus melakukan upaya-upaya untuk mempercepat transaksi dengan mengoptimalkan gardu tol reversible dan menggunakan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk senantiasa memeriksa kecukupan saldo kartu elektronik dengan mempertimbangkan tarif jarak terjauh.

Pastikan kesiapan diri dan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan. Jika lelah, manfaatkan rest area untuk beristirahat, maksimal 30 menit.

Demi keselamatan bersama, selalu patuhi aturan dan rambu-rambu yang berlaku, serta ikuti arahan petugas di lapangan.

Baca juga: One Way di Tol Trans-Jawa, Kendaraan dari Jakarta menuju Semarang Diarahkan Lewat Pantura

Sementara di Jawa, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat volume lalu lintas meninggalkan wilayah Jabotabek pada H1 hingga H2 Lebaran ada sebanyak 407.581 kendaraan.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalin dari GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 48,2 persen jika dibandingkan lalin normal dengan total 275.087 kendaraan.

Untuk distribusi lalin meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah, yaitu mayoritas sebanyak 231.140 kendaraan (56,7 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung).

Lalu ada 87.575 kendaraan (21,5 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 88.866 kendaraan (21,8 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com