Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup Sementara, Sanksi buat Kios Makanan di Rest Area Tol Cipali yang "Mainkan" Harga

Kompas.com - 24/04/2023, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Tol Cipali selaku pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memberikan sanksi berupa penutupan sementara terhadap kios makanan di rest area Km 86 yang membanderol harga tak sesuai sistem.

Sebab, informasi biaya makanan di rest area Tol Cipali telah menggunakan sistem online melalui website Cipali86a.isellershop.com.

Di dalamnya sudah tertera harga, menu, dan pemesanan makanan. Artinya, penjual yang memberikan harga tak sesuai dengan website tentu bermasalah.

"Sanksi yang kami berikan kepada pemilik kios, kami akan tutup sementara kios tersebut per besok (24/4/2023)," jelas Section Head Corporate Communication ASTRA Tol Cipali Asri Fajarwati Ridwan kepada Kompas.com pada Minggu (23/4/2023).

Baca juga: Pemudik Kecewa, Harga Makanan di Rest Area Terlalu Mahal

Untuk itu, dia berharap tidak akan lagi terjadi hal yang sama di kemudian hari, mengingat dengan sistem pembayaran iseller, pengelola dapat mengecek transaksi setiap tenant.

"Apabila publik atau pengunjung menemukan ketidaksesuaian harga dari aplikasi tersebut bisa langsung dilaporkan kepada kami," tambahnya.

Untuk diketahui, kejadian ini bermula dari cuitan Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sigit Widodo, soal mahalnya harga makanan di rest area Km 86A Tol Cipali.

Melalui akun twitternya @sigitwid pada Sabtu (22/4/2023), Sigit mengaku telah memesan makanan pada salah satu kios.

Menu yang dipesan cukup sederahana, dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan. Namun, saat membayar sampai merogoh kocek hingga Rp 155.000.

Baca juga: Pemudik, Hindari Kembali ke Jabotabek Tanggal 24 dan 25 April

Sementara usai viralnya cuitan Sigit, sang pemilik kios merespon dengan menyampaikan permintaan maafnya melalui akun @devinur098.

Dia juga berjanji akan memperbaiki sistem pembayaran dan pelayanan customer di warungnya.

Section Head Corporate Communication ASTRA Tol Cipali Asri Fajarwati Ridwan pun membenarkan kejadian tersebut benar terjadi di rest area Tol Cipali dan dilakukan oleh oknum penjaga kios.

"Kami telah mengkonfirmasi ke pemilik kios bahwa pemilik kios pun tidak mengetahui bahwa harganya dinaikan. Untuk hal ini, kami sebagai pengelola rest area akam memberikan sanksi kepada pemilik kios," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com