Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Teman Mudik, Ketahui Sederet "Landmark" di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 20/04/2023, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik yang panjang tentu bisa membosankan, tak terkecuali ketika melintasi Jalan Tol Trans-Jawa.

Kendati demikian, rasa bosan saat perjalanan bisa sedikit terobati karena terdapat beberapa landmark ikonik di Tol Trans-Jawa.


Ikon tersebut mulai dari ruas tol unik, rest area, jembatan, gerbang tol, hingga spot pemandangan alam yang indah.

Mengutip dari unggahan akun Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, berikut sederet ikon yang jadi teman perjalanan selama mudik di Jalan Tol Trans-Jawa:

Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ)

Jalan Layang MBZ merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang dari wilayah Junction Cikunir hingga Karawang Barat.

Baca juga: Perhatikan, Ini Titik Rest Area Tol di Jawa yang Berpotensi Padat

Ruas tol ini dibangun untuk memisahkan pergerakan komuter jarak pendek Jakarta Bekasi-Cikarang (lajur kolektor/eksisting) dengan pergerakan jarak jauh tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya (lajur ekspres/layang), khususnya golongan I non-bus.

Jalan Tol Cipali.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Jalan Tol Cipali.

Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali)

Jalan Tol Cpali yang membentang sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Pulau Jawa. Melintasi lima kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

Jalan tol ini terkoneksi dengan Jalan Tol Cisumdawu tepatnya di Seksi 6 dengan Junction Dawuan dan terkoneksi Akses Tol Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Jembatan Kali Kuto di ruas Tol Batang-Semarang.Dok. BPJT Jembatan Kali Kuto di ruas Tol Batang-Semarang.

Jembatan Kali Kuto

Jembatan Kali Kuto yang berada di Tol Batang-Semarang merupakan salah satu landmark di Jalan Tol Trans-Jawa dengan bentuk melengkungnya yang menjadi ikonik.

Selain itu, dengan corak warna merah menyala yang menjadi daya tarik, jembatan ini menghubungkan dua kabupaten yakni Batang dan Kendal.

 Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).Dok. KemenKopUKM Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).

Rest Area KM 260B Banjaratma

Rest Area KM 260B Banjaratma yang berada di Jalan Tol Pejagan-Pemalang ini menjadi salah satu ikon rest area di Jalan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Sambut Lebaran, Malaysia Gratiskan Tarif Tol, Indonesia Cuma Diskon

Bangunannya berupa pabrik gula Banjaratma peninggalan Belanda yang sangat vintage dengan aksen batu bata kesan zaman dahulu, sehingga dapat dinikmati oleh para pemudik dengan beragam fasilitasnya yang lengkap.

Rest Area Km 429 Tol Semarang-SoloTribunJateng/Hermawan Handaka Rest Area Km 429 Tol Semarang-Solo

Masjid Rest Area KM 429 Jalan Tol Semarang-Solo

Masjid megah dengan arsitektur kubah modern berwarna merah bulat dan corak berwarna kuning emas ini berada di rest area KM 429 Jalan Tol Semarang-Solo.

Selain itu di rest area ini pemudik dapat menikmati beragam kuliner khas daerah hingga panorama Gunung Ungaran.

Singing Tol Road, jalan unik yang merupakan inovasi untuk menekan angka kecelakaan di ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri.bpjt.pu.go.id Singing Tol Road, jalan unik yang merupakan inovasi untuk menekan angka kecelakaan di ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri.

"Singing Road" Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Terletak di Jalan Tol Ngawi-Kertosono KM 616, singing road ini dipasang dengan terdapat dua nada.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com