Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Way" di Tol Trans-Jawa, Kendaraan dari Jakarta menuju Semarang Diarahkan Lewat Pantura

Kompas.com - 24/04/2023, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas one way  di Jalan Tol Trans-Jawa, tepatnya dari Semarang hingga Cikampek.

One way akan dimulai pada Senin (24/4/2023) pukul 14.00 WIB hingga selesai atau situasional. Dibutuhkan waktu dua jam untuk pembersihan jalur yang dimulai pada pukul 12.00 WIB.

One way akan diberlakukan mulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Dengan berakhirnya titik one way di Km 70, maka pengguna jalan dari Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur akan dialihkan akses keluar Dawuan (GT Kalihurip 1) Km 68 Jalan Tol Japek dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura.

Sedangkan untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Bandung masih berlaku normal.

Selain itu, pihak Kepolisian juga masih akan memberlakukan ganjil-genap, diimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek mengikuti one way untuk menyesuaikan tanggal dan plat nomor kendaraan.

"Mengingat pada arus mudik kemarin juga telah diberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, untuk memastikan kelancaraan arus lalu lintas pada arus balik nanti, kami terus menjalin koordinasi dengan pihak Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kemenko PMK dalam pemantauan indikator volume lalu lintas jalan tol melalui traffic counting yang menjadi rekomendasi pemberlakuan skenario rekayasa lalu lintas yang diperlukan," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana.

Jasa Marga siap mendukung rekayasa lalu lintas yang dijadwalkan akan diberlakukan di sejumlah Jalan Tol Jasa Marga Group.

Baca juga: Pemudik dari Semarang Menuju Jakarta Dapat Diskon Tarif Tol 20 Persen

Jadwal pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tanggal 5 April 2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H.

Pengguna jalan diimbau untuk memastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol.

Saat memasuki GT Cikampek Utama, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol.

Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Adapun rincian jadwal arus balik adalah sebagai berikut:

One way arus balik periode 1

Km 414 (GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang) hingga Km 70 (GT Cikampek Utama Jalan Tol Japek)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com