Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Deltamas Cikarang Bakal Punya Pusat Pengendalian Keamanan

Kompas.com - 20/04/2023, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land dan Sojitz Corporation melalui PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) sebagai pengembang Kota Deltamas terus bertransformasi melakukan berbagai inovasi di bidang digital.

Salah satunya adalah melalui pembangunan Gedung Security, Fire and Command Center yang rencananya sudah operasional pada tahun 2024 nanti. 

Gedung ini akan menjadi pusat pengendalian operasi keamanan (security surveillance) kawasan Kota Deltamas dan antisipasi penanganan keadaan darurat lainnya secara real time.

Baca juga: Ingin Beli Rumah di Kota Deltamas Cikarang? Sinarmas Land Tawarkan Hunian Rp 500 Jutaan

Dibangun di atas lahan seluas 5.253 meter persegi, Gedung Security, Fire and Command Center ini memiliki 3 lantai yang dilengkapi dengan sistem keamanan canggih.

Mulai dari ruang pengendali terpusat CCTV, sistem pengendali lampu lalu lintas untuk memonitor keamanan dan lingkungan di Jalan Deltamas Boulevard maupun sudut area publik di Kota Deltamas.

Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Tbk. Hongky J. Nantung mengatakan, kehadiran gedung Security, Fire and Command Center ini akan melengkapi fasilitas yang berada di kawasan Kota Deltamas.

“Security, Fire and Command Center merupakan salah satu sarana penunjang dalam pengambilan keputusan dengan memanfaatkan teknologi hingga informasi sehingga keputusan yang diambil dapat tepat sasaran dan cepat,” ujar Hongky.

Menurutnya, kehadiran fasilitas baru ini akan memodernisasi sistem keamanan di Kota Deltamas yang terintegrasi dengan area hunian, komersial, dan kawasan industri sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi penghuni, pelanggan, dan pelaku usaha.

Pembangunan gedung pusat kendali ini sudah mulai dibangun pada kuartal ketiga tahun 2022 lalu dan ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2024 mendatang.

Baca juga: Mulai Dibangun, AEON Mall Deltamas Beroperasi Awal 2024

Kota Deltamas, saat ini tengah gencar mengembangkan lebih banyak fasilitas dan infrastruktur guna mendukung kegiatan live, work, and play bagi para penghuninya.

Sejumlah fasilitas yang telah berdiri di kawasan ini antara lain Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, pusat pendidikan bertaraf nasional dan internasional, pusat arena olahraga hingga fasilitas kesehatan.

Selain itu, Kota Deltamas juga tengah fokus mengembangkan kawasan industrial estate bertaraf internasional yang ramah lingkungan yakni Greenland International Industrial Center (GIIC).

Kota Deltamas dapat diakses melalui Tol Jakarta–Cikampek tepatnya di KM 37serta stasiun Kereta Cepat Karawang yang terhubung langsung dengan Transit Oriented Development (TOD) Kotawana sebagai bagian dari Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCJB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com