Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beralih ke Motor Listrik, Kota Deltamas Siap Dukung Target Emisi Nol Bersih

Kompas.com - 23/08/2022, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Puradelta Lestari sebagai pengembang kawasan Kota Deltamas Cikarang secara bertahap beralih ke motor listrik untuk kegiatan operasional perusahaan.

Upaya ini dilakukan untuk mendukung target emisi nol bersih pada tahun 2060 yang dicanangkan Pemerintah.

Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Hongky J Nantung mengatakan pengadaan motor listrik merek Honda tipe PCX Electric ini merupakan hasil kerja sama dengan PT HPP Energy Indonesia (HEIN).

Kerja sama dilakukan dalam skema sewa melalui PT Takari Kokoh Sejahtera dalam jangka waktu 1 tahun.

"Sewanya 1 tahun. Nilai leasing-nya kami tidak bisa sebutkan karena special deal antara kami dan partner," kata Hongky dalam acara penyerahan motor listrik dari PT HEIN ke PT Puradelta Lestari, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Mulai Dibangun, AEON Mall Deltamas Beroperasi Awal 2024

Hongky mengatakan pengadaan kali ini masih dalam tahap percobaan sehingga baru menggunakan 10 unit motor listrik.

Penyerahan motor listrik dari PT HPP Energy Indonesia (HEIN) kepada PT Puradelta Lestari, Selasa (23/8/2022) Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Penyerahan motor listrik dari PT HPP Energy Indonesia (HEIN) kepada PT Puradelta Lestari, Selasa (23/8/2022)
Jelasnya, PT Puradelta Lestari akan menyediakan sedikitnya 2 unit charging station di kawasan Deltamas untuk menunjang operasional motor listrik.

Motor listrik ini menggunakan baterai yang diletakkan di dalam kendaraan. Saat daya habis, baterai bisa dicabut dan diletakkan di charging station, lalu diganti dengan yang baru.

Teknologi ini juga dikenal dengan swappable electric motorcycle batteries dan disebut bisa membuat kegiatan pengisian baterai motor listrik lebih efisien.

Motor listrik yang belum dipasarkan secara umum tersebut diklaim bisa digunakan hingga 80 kilometer dalam keadaan baterai penuh.

Baca juga: Sinarmas Land Rilis Ruko Tiga Lantai di BSD City, Dibanderol Rp 2,7 Miliar

Tetapi dalam pelaksanaanya dengan berbagai kondisi di lapangan, motor listrik tersebut aman digunakan untuk jarak tempuh sekitar 50 kilometer saat keadaan baterai penuh.

"Ini tahap pertama kita coba, kalau kita puas nanti kita tambah lagi dan ditambah juga dengan electric cars," tambah Hongky.

Sementara untuk mobil listrik yang dimaksud masih dalam tahap negosiasi. Direncanakan akan ada 10-12 mobil listrik yang berasal dari 2 perusahaan mobil dengan harapan bisa diluncurkan pada Januari 2023.

Sebelumnya, Kota Deltamas telah melakukan pemenuhan listrik di Marketing Office yang bersumber dari 100 persen renewable energy.

Ini diwujudkan lewat kerja sama dengan PLN dan penyediannya telah bersertifikat internasional yang bisa didapatkan oleh seluruh tenant industri di Greenland International Industrial Center (GIIC), kawasan Kota Deltamas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com