Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Tol Stabat-Kualabingai Dibuka Gratis

Kompas.com - 16/04/2023, 21:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mengoperasikan secara fungsional Ruas Binjai-Pangkalanbrandan Seksi 2 (Stabat-Kualabingai) sepanjang 7,2 kilometer mulai hari ini, 16 April sampai 1 Mei 2023.

Selama fungsional, jam operasional ruas tol tersebut dibuka pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB, hanya untuk kendaraan Golongan 1 (kendaraan kecil seperti sedan, jeep dan lainnya) secara gratis dengan rute Stabat-Kualabingai atau sebaliknya.

Branch Manager Tol Binjai-Langsa Hutama Karya Ari Wibowo mengimbau pemudik yang ingin melintas untuk tetap melakukan tapping kartu Uang Elektronik (UE) di gerbang tol di ruas fungsional dan selalu mengecek kecukupan saldo dan kondisi kartu sebelum berangkat agar tidak menyebabkan antrian di gerbang tol.

Baca juga: Musim Mudik, Truk Bertonase 14 Ton Lebih Dilarang Melintasi Jalan Nasional

"Gunakan satu kartu untuk satu kendaraan pada sistem jalan tol tertutup, kalau lupa mengisi saldo, gunakan aplikasi HK Toll Apps Hutama Karya yang dapat di-download di Playstore. Ada fitur cek saldo dan dapat melakukan top up saldo," kata Ari dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/4/2023).

Selama arus mudik dan balik, Hutama Karya menghimbau seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Pengguna jalan tol dihimbau untuk berkendara dengan kecepatan minimum 60 kilometer per jam dan maksimum 80 kilometer per jam, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Apabila pengguna jalan mengalami kendala atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol, segera melapor ke Call Centre Cabang Tol Binjai-Langsa di 0823-6784-6784," sebut Ari.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Lebaran 2023 bersama Forkpimda di Mapolda Sumut mengatakan, untuk menghindari kemacetan yang panjang selama musim mudik, dua tol yang pengerjaannya masih berlangsung yaitu Medan-Sinaksak dan Tebingtinggi-Indrapura akan difungsionalkan.

Hanya, untuk Medan-Sinaksak difungsikan satu jalur karena fly over Dolokmerawan belum rampung.

Tol Tebingtinggi-Indrapura sepenuhnya bisa difungsionalkan membantu mengurangi potensi kemacetan. Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumut juga mengoptimalkan jalur-jalur alternatif bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com