Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Tarif 20 Persen Tol Japek Berlaku Arus Balik, Catat Tanggalnya

Kompas.com - 16/04/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya pada arus mudik, PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan diskon tarif sebesar 20 persen di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada arus balik Lebaran 2023.

Kebijakan ini diberlakukan mulai Kamis (27/4/2023) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, (29/4/2023) pukul 06.00 WIB.

Besaran diskon tarif tol 20 persen berlaku untuk tarif terjauh Tol Japek dengan rincian sebagai berikut:

  • Golongan I: Semula Rp20.000 menjadi Rp 16.000, diskon sebesar Rp 4.000.
  • Golongan II dan III: Semula Rp 30.000 menjadi Rp 26.000, diskon sebesar Rp 6.000
  • Golongan IV dan V: Semula Rp 40.000 menjadi Rp 32.000, diskon sebesar Rp 8.000

Baca juga: Daftar Ruas Tol yang Akan Berlakukan Diskon Tarif saat Lebaran 2023

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, diskon tarif tol ini merupakan salah satu upaya perseroan mendistribusikan lalu lintas (lalin).

Sehingga, masyarakat dapat mengatur perjalanan dan tidak menumpuk di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik, serta sebagai bentuk pelayanan dan apresiasi Jasa Marga kepada pengguna jalan tol.

"Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik," tutur Lisye dalam rilis, Minggu (16/4/2023).

Lisye menambahkan, perseroan juga turut mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan.

Mulai dari memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan dan memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa.

"Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol," tambah Lisye.

Lisye menuturkan, gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com