Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional buat Mudik, Ini Rutenya

Kompas.com - 16/04/2023, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin mudik melalui Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 kilometer, kini harapan tersebut telah terwujud.

Pasalnya, dari Cimalaka hinga ke Dawuan kini sudah siap difungsionalkan untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023.

Rute Tol Cisumdawu yang dibuka secara fungsional terdiri dari Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,2 kilometer).

Lalu, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya (14,9 kilometer), dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, termasuk Junction Dawuan (6,1 kilometer).

Baca juga: [POPULER PROPERTI] Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan Siap Digunakan Mudik Lebaran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan hal ini dalam rilis, Minggu (16/4/2023).

"Tol Cisumdawu Seksi 4-6 secara struktur sudah selesai semua. Hari ini fokus pada perapihannya, termasuk pemasangan rambu-rambunya," katanya.

Sebelumnya pada Desember 2022 silam, Tol Cisumdawu seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 kilometer telah operasional.

Dengan demikian, Tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 kilometer dari ruas tol Cipularang hingga Cipali.

Basuki menuturkan, ada tiga hal yang menentukan kelancaran mudik yaitu kesiapan prasarana/infrastruktur, pengaturan lalu lintas (lalin), dan perilaku pengemudi.

"Dari segi prasarana, untuk Tol Cisumdawu saya sampaikan sudah siap dimanfaatkan secara fungsional. Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini," ujar Basuki.

Setelah arus mudik, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada awal Juni 2023.

"Akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, semua ruas Tol Cisumdawu 62 kilometer sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," tutup Basuki.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com