Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rest Area di Ruas Tol Cisumdawu yang Fungsional, Ini Titiknya

Kompas.com - 16/04/2023, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rest area sementara telah disediakan di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan yang akan beroperasi fungsional untuk momen Lebaran 2023.

Hal itu diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau kesiapan Tol Cisumdawu ruas Cimalaka-Dawuan pada Sabtu (15/04/2023).

Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyiapkan rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023.

"Karena di Cisumdawu belum ada rest area yang dibangun, satu jalur kita fungsikan untuk rest area sementara. Bisa menampung sekitar 200 kendaraan, sudah dilengkapi fasilitas toilet, pom bensin, dan minimarket," jelas Basuki dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Tol Paspro Seksi Probolinggo Timur–Gending Mulai Beroperasi Fungsional, Catat Jadwalnya!

Menurut dia, dari segi prasarana, ruas tol sepanjang 29,3 km itu bisa segera difungsionalkan dengan dua lajur.

Melengkapi Seksi 1-3 Cileunyi-Cimalaka sepanjang 32,5 km yang telah operasional secara penuh.

Dengan demikian, Tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas Tol Cipularang hingga ruas Tol Cipali.

"Tol Cisumdawu Seksi 4-6 secara struktur sudah selesai semua. Hari ini fokus pada perapihannya, termasuk pemasangan rambu-rambunya," ujarnya.

Sementara, untuk pengaturan lalu lintas tol fungsional, Basuki mengatakan, sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri. Baik itu contraflow, one way, ataupun buka tutup.

"Hal ini tentunya dengan mempertimbangkan kondisi traffic di tol Cipularang dan tol Cipali, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan karena penambahan dua lajur di Cisumdawu ini," tutup Menteri PUPR itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com