Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Siapkan 15 SPKLU di Rest Area Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 04/04/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) menyiapkan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol Jasa Marga Group, terutama Tol Trans-Jawa.

Berdasarkan keterangan resmi, total ada 15 SPKLU yang disediakan untuk pengguna kendaraan listik.

Selain itu, PT JMRB turut berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menempatkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular di 18 rest area di ruas Jasa Marga Group.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari menjelaskan, PT JMRB juga telah menambah toilet fungsional sebanyak 588 bilik sehingga total menjadi 1.772 bilik.

Begitu pula dengan kecukupan pasokan air bersih di toilet dan sarana ibadah yang dipastikan bisa melayani pengguna tol.

Menurut Tita, penambahan toilet fungsional di rest area merupakan implementasi dari instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Kami mengupayakan penambahan toilet fungsional agar mengurai antrean di toilet eksisting, yang kerap berdampak kepada kepadatan arus lalu lintas (lalin)," jelas Tita.

PT JMRB turut menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalin di dalam rest area serta memaksimalkan kapasitas parkir kendaraan seiring dengan meningkatnya arus lalin di jalan tol.

Skema rekayasa lalin akan diterapkan jika terjadi kepadatan di dalam rest area atau sedang diberlakukan one way di jalan tol.

Skema rekayasa buka-tutup rest area juga akan diberlakukan sesuai dengan diskresi pihak Kepolisian jika terjadi kepadatan hingga on ramp.

Baca juga: Daftar Lengkap Rest Area di Tol Trans-Jawa, 7 Paling Padat

"Salah satu cara untuk mengurai kepadatan di dalam rest area adalah dengan menerapkan sejumlah skema rekayasa arus lalin dan memaksimalkan kapasitas parkir kendaraan," tambah Tita.

Di sisi lain, PT JMRB telah menyiagakan satuan tugas (Satgas) di Rest Area Travoy ataupun di rest area di ruas Jasa Marga Group yang dikelola oleh mitra.

PT JMRB pun telah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder untuk mendirikan posko pelayanan dan kesehatan di rest area.

Posko pelayanan dari pihak Kepolisian di rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group berjumlah 36 posko. Sedangkan posko kesehatan berjumlah 22 posko.

Nantinya posko-posko ini akan membantu pengunjung yang membutuhkan informasi serta melakukan pengecekan kesehatannya selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com