Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih Sederet Fasilitas Tambahan di "Rest Area" Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 23/03/2023, 08:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans-Sumatera, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola jalan tol telah menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan di berbagai rest area.

Contohnya ada di Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan Tol Medan-Binjai (Mebi).

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, dalam persiapannya, perseroan fokus dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah sejumlah fasilitas di rest area, salah satunya penyediaan 6 SPBU modular.

Baca juga: Pengelolaan Rest Area, Kunci Kelancaran Mudik Lebaran 2023

Berikut ini daftar keenam SPBU modular tersebut:

  1. Rest Area Km 20 Tol Bakter

  2. Rest Area Km 49 Tol Bakter

  3. Rest Area Km 269 Tol Terpeka

  4. Rest Area Km 277 Tol Terpeka

  5. Rest Area Km 306 Tol Terpeka

  6. Rest Area Km 311 Tol Terpeka

Hutama Karya juga menyediakan 8 bengkel di Rest Area Km 20 B, Km 33 A, Km 49 A, Km 49 B, Km 87 A, Km 87 B, Km 116 A, dan Km 116 Tol Terpeka.

Kemudian, Rest Area Km 163 Jalur A, Km 172 Jalur B, Km 208 Jalur A, Km 215 Jalur B, Km 234 Jalur A, Km 269 Jalur B, Km 277 Jalur A, Km 306 Jalur B, dan Km 311 Jalur A.

Selain itu, bekerja sama dengan pihak kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, dan BPNB daerah sekitar dengan mendirikan Pos Pantau.

Lokasinya berada di Rest Area Km 163 Jalur A, Km 172 Jalur B, Km 208 Jalur A, Km 215 Jalur B, Km 234 Jalur A, Km 269 Jalur B, Km 277 Jalur A, dan melakukan penambahan gardu di Gebang Tol (GT) Helvetia di Tol Mebi.

“Kami pastikan peralatan tol dan backup genset dalam keadaan baik, juga menyiagakan teknisi peralatan tol, mengaktifkan kembali mobile reader dan top-up asongan untuk mempercepat transaksi di GT, menyiagakan tim pothole (lubang), serta mengaktifkan gardu reversible, jika diperlukan pada periode arus balik,” tutur Koentjoro dalam rilis, Rabu (22/3/2023).

Baca juga: Disparitas Kecepatan Kendaraan Jadi Pemicu Kecelakaan di Jalan Tol

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya mengimbau pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan, dan memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol (GT).

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya di mana terdapat fitur Cek Saldo UE dan dapat melakukan top-up saldo UE.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com