Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti 3 Tips Memasang Granit Ini, Bikin Rumah Tampak Elegan

Kompas.com - 04/04/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Granit adalah salah satu bahan penutup lantai atau dinding yang bisa membuat interior rumah nampak mewah dan elegan.

Batuan beku yang memiliki corak unik ini juga hadir dalam ukuran besar, sehingga membutuhkan tips pemasangan khusus agar hasilnya tetap indah.

Bagi Anda yang berencana mendekor rumah dengan granit, cek 3 tips berikut ini:

1. Siapkan permukaan rata

Komisaris PT Demix Sarana Industri Indonesia David AL mengatakan, pemasangan granit berukuran besar membutuhkan permukaan rata.

Sebelum dipasang, pemilik rumah wajib memastikan permukaan tempat pemasangan granit tile tersebut sudah rata dan bersih dari kotoran dan debu.

Jika ada permukaan yang tidak rata, perbaiki terlebih dahulu agar granit tile dapat terpasang dengan baik.

2. Pengukuran secara akurat

Selain itu, pemilik rumah wajib melakukan pengukuran secara akurat, baik untuk ukuran lantai atau dinding maupun granit yang akan dipasang.

Jangan membuat asumsi tentang ukuran sendiri dan jangan memotong granit tile terlalu besar atau terlalu kecil.

"Ukur dengan teliti dan pastikan ukuran granit tile sesuai dengan area yang akan dipasangi," ujar David dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Simak Baik-baik, Tekstur Lantai yang Tepat Berdasarkan Ruangannya

3. Gunakan perekat open time

Hal yang paling penting ketika melakukan pemasangan granit tile berukuran besar memilih produk perekat atau semen instan berkualitas yang memiliki open time panjang.

Open time sendiri adalah interval waktu setelah mortar instan digelar di media atau subtract.

"Proses pemasangan granit tile berukuran besar cukup lama, untuk itu membutuhkan open time yang panjang agar granit tile bisa terpasang dengan baik," jelas David.

Seperti Demix C5 yang bisa menjadi pilihan. Produk ini memiliki open time hingga 45 menit yang dinilai sangat cukup untuk melakukan proses pemasangan granit tile berukuran besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com