Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa Anda Harus Gunakan Granit Sebagai Penutup Lantai

Kompas.com - 03/09/2022, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Granit merupakan salah satu material konstruksi yang populer dan kerap digunakan sebagai penutup meja dapur atau area wastafel di kamar mandi.

Selain itu, granit juga ternyata bisa menjadi bahan penutup lantai yang memiliki daya tahan tinggi bila dibandingkan penutup lantai lainnya.

Jika Anda sedang merenovasi atau berencana membangun rumah, berikut adalah lima alasan mengapa Anda wajib mempertimbangkan granit sebagai penutup lantai.

Baca juga: Coba Lima Cara Ini, Lantai Marmer dan Granit Makin Mengilap

Tahan lama

Daya tahan adalah salah satu aspek yang paling menarik dari granit. Material ini sangat cocok dipasang di area dengan lalu lintas tinggi seperti dapur atau ruang tamu. 

Selama Anda menggunakan sealer dan pembersih granit yang tepat, ubin granit dapat bertahan selama beberapa dekade.

Banyak warna dan pola

Meskipun terbuat dari material batu alam, lantai granit memiliki banyak pilihan warna dan pola.
Memang selama ini, granit gelap telah menjadi favorit masyarakat untuk penutup meja dapur.

Yusuf Reza Alasan mengapa elevator mall tidak menggunakan angka, namun menggunakan nama-nama singkatan yang terkesan unik

Namun bukan berarti hanya itu saja warna yang tersedia di pasaran.  Anda bisa mendapatkan granit dengan warna terang dari ubin granit Bianco Antico dari Brasil. Pilihan lain adalah granit hijau dari Kanada atau Irlandia.

Tampilan granit juga sangat berbeda antara satu dan lainnya karena dibentuk oleh alam secara langsung.

Tahan terhadap noda

Ketahanan terhadap noda adalah alasan selanjutnya mengapa granit harus Anda gunakan sebagai penutup lantai.Tentu Anda tidak ingin memiliki lantai rumah yang terlalu cepat kotor serta tidak mudah dibersihkan. 

Granit merupakan material alami yang sangat sulit diwarnai. Itulah sebabnya granit sering dipilih sebagai penutup meja dapur. 

Bersifat hypoallergenic

Tak perlu khawatir bila anak-anak bermain tepat di atas ubin granit yang bersih. Dijamin tidak akan ada reaksi alergi yang timbul.

Karena granit tidak berpori seperti beberapa jenis batu alam lainnya, sehingga material ini tidak dapat menahan cairan atau kelembaban, tempat bakteri menyebar.

Baca juga: Ini Kelebihan Meja Dapur Kayu Dibanding Marmer atau Granit

Dapat meningkatkan nilai properti

Pengembang rumah sering memasang meja granit di dapur atau kamar mandi karena kedua hal ini merupakan salah satu fitur yang dicari para pemburu rumah.

Tentu saja, dengan berinvestasi sejak dini Anda akan menambah nilai properti bila ingin menjualnya di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com