Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paving Block Ternyata Bisa Jadi Penutup Lantai Rumah, Tertarik Coba?

Kompas.com - 19/04/2022, 21:36 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini paving block kerap digunakan sebagai penutup lantai yang berlokasi di bagian eksterior ruangan.

Di rumah, material ini dimanfaatkan untuk mempercantik jalan setapak di aman bahkan jalan masuk ke area garasi. 

Namun, ternyata paving block juga bisa digunakan untuk menutup lantai di dalam rumah loh.
Jika Anda ingin mencoba penutup lantai yang tak biasa maka paving block merupakan pilihan yang tepat.

Paving block yang tersedia di pasaran banyak yang terbuat dari material batu bata, semen, atau batu alam. Pilihlah salah satu karena ini lebih mudah didapatkan. 

Baca juga: Apa Itu Paving Block dan Tips Memilihnya

Penggunaanya sebagai penutup lantai di area indoor bahkan sudah dilakukan ratusan tahun lalu dan banya ditemukan pada bangunan-bangunan tua di Eropa.

Biasanya, paving block untuk interior lebih tipis daripada paving block yang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan.

Bila ingin menggunakannya sebagai penutup lantai di hunian Anda, pastikan memilih bentuk dan corak sesuai dengan interior ruangan secara keseluruhan.

Untuk memasang di area kamar mandi atau di dapur, maka paving block yang dipilih harus tahan terhadap air sehingga penghuni rumah tak terpeleset.

Untuk penggunakan di dapur pastikan material yang dipilih dapat tahan terhadap noda karena makanan pasti sering jatuh diatasnya.

Baca juga: Mana Lebih Aman untuk Halaman Rumah, Paving atau Cor Beton?

Meski dapat digunakan di area indoor, hindarilah memasang paving block di kamar tidur. Tentu Anda tidak suka menginjak lantai yang dingin dan kasar di pagi hari bukan?

Penggunaan paving block yang sama baik untuk area indoor maupun outdoor dapat menciptakan tampilan ruangan yang sangat kohesif dan indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com