Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Batu Bata Bisa Jadi Penutup Lantai Rumah Anda?

Kompas.com - 09/03/2022, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Batu bata merupakan material penting dalan proses konstruksi pada sebuah bangunan.

Tak hanya untuk memperkuat konstruksi, batu bata juga bisa diubah menjadi elemen lain untuk mempercantik rumah. Misalnya digunakan menjadi penutup dinding serta fasad bangunan. 

Selain itu, bata juga bisa menjadi pilihan penutup pantai. Selain unik, penggunaan batu bata di lantai juga bisa bertahan lama. 

Baca juga: Dibangun dari Batu Bata, Ini Auditorium dan Rumah Terpopuler di Dunia

Kekuatan batu bata sudah terbukti. Anda dapat menemukan rumah bata yang masih berdiri sejak ratusan tahun yang lalu.

Batu bata memang meterial yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrem. Namun apakah batu bata ini cocok dijadikan sebagai penutup lantai rumah

Salah satu masalah yang dihadapi bila ingin menggunakan batu bata sebagai lantai adalah material ini bisa cepat rusak bila terus berada dalam lingkungan yang lembab. 

Batu bata memang bisa menahan hujan dengan baik bila dipasang secara vertikal. Namun, ketika diletakkan secara horizontal, uap air dapat menumpuk dan meresap ke bawah permukaan bata.

Karena itu agar lantai bata bertahan lama, at pelapis harus rutin diaplikasikan ada batu bata sesering mungkin untuk melindungi dari jamur dan retak.

Dari segi harga, batu bata memang jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan material lainnya seperti ubin atau marmer. 

Meskipun ada jaminan soal daya tahannya, namun lantai bata dirasa kurang nyaman bila digunakan sebagai tempat pijakan kaki.  

Lantai batu bata tidak memiliki permukaan yang rata sepenuhnya, sehingga furnitur diatas meja akan mudah goyah dan jatuh.  

Bila lantai bata dipasang di dapur, berdiri untuk waktu yang lama juga akan membuat kaki cepat lelah sehingga butuh alas agar kaki rerasa nyaman. 

Jika tidak menginginkan batu bata sebagai lantau sebenarnya karena cukup berisiko, Anda dapat menggunakan ubin dengan motif batu bata. 

Meskipun harganya lebih mahal, Anda lebih nyaman ketika beraktivitas dan furnitur di ruangan tidak cepat rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com