Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Pelabuhan Patimban Digenjot Bakal Setara Tanjung Priok

Kompas.com - 09/03/2022, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapasitas layanan Pelabuhan Patimban ditargetkan bisa setara dengan Pelabuhan Tanjung Priok pada 2027 mendatang.

Oleh sebab itu, pemerintah terus memacu kinerja Pelabuhan Patimban agar bisa melayani lebih banyak pengangkutan kendaraan, baik untuk ekspor maupun domestik.

Seperti halnya pada Selasa (08/03/2022), berlangsung kegiatan ekspor kendaraan ke Filipina menggunakan Kapal Trans Harmony 2 Panama.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didamping Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut meninjau berlangsungnya kegiatan tersebut.

Baca juga: Kemenhub Target Ekspor 130.000 Kendaraan Lewat Pelabuhan Patimban

Jokowi menyampaikan optimisme kegiatan ekspor kendaraan melalui Car Terminal Pelabuhan Patimban akan terus meningkat ke depannya.

"Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor kurang lebih 160.000 kendaraan per tahun. Tetapi melihat progress 3 bulan ini, bisa naik menjadi 180.000 kendaraan per tahun," ujarnya dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Presiden menuturkan akan terus menambah tujuan negara ekspor kendaraan dari Pelabuhan Patimban. Agar keberadaannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

"Ekspor ke Filipina, Brunei Darrusalam, Jepang, dan Vietnam ini sebagai awal. Nanti akan dikembangkan ke negara-negara lain, sehingga satu bulan ditargetkan bisa 15 ribu kendaraan yang diekspor dari Pelabuhan Patimban. Ini artinya industri kita terus bergerak meskipun di tengah pandemi," terang Jokowi.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, keberadaan Pelabuhan Patimban akan berkolaborasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi Hub baru yang besar.

"Visinya adalah bagaimana kita membuat suatu titik baru kegiatan ekspor selain di Priok yang memiliki masalah kemacetan. Dengan makin banyaknya kegiatan ekspor, maka diharapkan terjadi pertumbuhan ekonomi," tandas Budi.

Bahkan pada 2027, Dia menargetkan Pelabuhan Patimban bisa memiliki kapasitas layanan yang sama dengan Priok, yaitu sekitar 7.5 Juta TEUs peti kemas atau kontainer dan 600.000 kendaraan per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com