Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen ATR/BPN Raja Juli Serahkan 10 Sertifikat Wakaf di Lamongan

Kompas.com - 31/03/2023, 22:26 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) Raja Juli Antoni, menyerahkan sertifikat wakaf kepada sepuluh Nazir di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Penyerahan sertifikat dengan luas total tanah wakaf 11.781 meter persegi tersebut dilaksanakan di masjid Al Mubarok Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan, Kamis (30/3/2023).

Raja Juli mengungkapkan, sejak tahun 1977 hingga tahun 2022 telah tersertifikasi 207.033 tanah, termasuk sertifikasi untuk tanah wakaf.

"Tahun 2023 ini, paling tidak semua tanah wakaf sudah bisa dipetakan. Kami mohon kerjasama bapak ibu semua, untuk segera melaporkan dan mendaftarkan tanah wakaf yang ada," ujarnya.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Serahkan Sertifikat Wakaf PCNU dan PD Muhammadiyah Gresik

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur Jonahar meminta semua pihak untuk saling memberi kabar pada pengurus masjid, mushola dan tempat ibadah lainnya di Lamongan, guna segera mendaftarkan tanah wakaf ke kantor BPN.

"Semua masjid, mushola, rumah-rumah ibadah, termasuk wihara, gereja, juga madrasah-madrasah se-Jawa Timur, paling tidak sudah diukur semua. Syukur-syukur bisa diterbitkan sertifikatnya, sehingga sertifikat untuk tanah wakaf tahun 2023 ini tuntas. Monggo dikabarkan kepada seluruhnya untuk segera mendaftarkan tanah wakafnya di kantor Badan Pertanahan Nasional," kata Jonahar.

Adapun Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berpesan agar sertifikat tanah wakaf yang telah diperoleh tersebut dapat dijaga dengan baik keamanannya.

Sebab sertifikat wakaf ini merupakan bentuk kepastian hukum, supaya tidak ada celah untuk diambil mafia tanah.

"Sertifikat tanah wakaf yang telah diterima ini disimpan yang aman, yang baik, dijaga. Terima kasih atas kerja sama semua pihak selama ini, mari kita jaga keberlangsungan program-program seperti ini, agar terus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," tutur Yuhronur.

Ada pun sepuluh penerima sertifikat tanah wakaf  tersebut yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Desa Bandungsari Kecamatan Sukodadi, serta Mushola Al Mustofa di Kecamatan Paciran.

Kemudian masjid Baitul Jannah di Paciran, Mushola Wakaf NU KH. Mastur Lamongan, dua sarana pendidikan Islam di Kecamatan Babat, Lembaga Pendidikan Ma'arif NU di Kecamatan Sarirejo, dua sarana kegiatan ibadah di Kecamatan Pucuk dan masjid di Kecamatan Deket.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com