Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek MRT Jakarta Tembus Kota Kian Nyata

Kompas.com - 30/03/2023, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) tengah melaksanakan proyek Fase 2A Bundaran HI-Kota sepanjang 5,8 kilometer.

Fase ini akan memiliki tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Proyeknya juga terbagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni dengan target beres tahun 2027 dan segmen dua Harmoni-Kota menyusul pada 2029.

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, Rabu (29/3/2023), kesuksesan proyek MRT Jakarta Fase 2A kian nampak nyata.

Hal ini dibuktikan lewat terhubungnya Stasiun Bundaran HI, Thamrin dan Monas yang ditandai lewat tembusnya mesin bor terowongan 1 (TBM 1) dinding shaft utara Stasiun Bundaran HI pada Senin (20/3/2023).

TBM 1 menembus setelah membangun 563 meter terowongan northbound dari sisi selatan Stasiun Thamrin hingga utara Stasiun Bundaran HI.

Northbound merupakan jalur MRT Jakarta arah Kota, sedangkan southbound merupakan jalur MRT Jakarta arah Lebak Bulus.

Dengan begitu, TBM 1 membangun dua terowongan penghubung Stasiun Bundaran HI dan Thamrin dengan panjang total mencapai sekitar 1.126 meter.

Baca juga: Kapan Tarif KRL Terintegrasi dengan LRT, MRT, dan Transjakarta?

Selanjutnya, TBM 1 akan dibongkar lalu dipindahkan ke sisi utara Stasiun Monas untuk melanjutkan pembangunan terowongan southbound dari Stasiun Monas hingga ke Stasiun Harmoni dengan perkiraan panjang terowongan sekitar 1.029 meter.

Sementara itu, mesin bor TBM 2 telah selesai membangun dua terowongan penghubung Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas pada 15 Desember 2022.

Terhitung sejak 20 Februari 2023 lalu, TBM 2 sedang membangun terowongan northbound dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dengan panjang sekitar 1 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com