Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Bandung-Kertajati Tersambung Tol Cisumdawu 15 April

Kompas.com - 25/03/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) rencananya akan dioperasikan pada 15 April 2023 mendatang.

Dengan demikian, jalan bebas hambatan berbayar ini bisa digunakan dari Bandung ke Bandara Kertajati pada waktu tersebut.

"Satu berita baik lain yang kemarin sempat saya sampaikan pada rekan media, itu adalah berfugsinya Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15 (April)," jelas Budi dikutip usai rapat terbatas yang membahas mudik bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti dikutip dari keterangan persnya dalam laman YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (25/3/2023).

Akan tetapi, kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, kebijakan mengenai fungsional maupun efektif beroperasi tol tersebut berada pada kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Ini Penjelasan Tarif Tol Cisumdawu yang Dinilai Mahal

Budi menambahkan, beberapa ruas Tol Cisumdawu akan beroperasi secara fungsional pada April. Ada kemungkinan juga mundur sehari atau dua hari dari 15 April 2023.

Dia berharap, mulai beroperasinya Tol Cisumdawu dapat meningkatkan jumlah penumpang Bandara Kertajati sekaligus mengurangi jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Pasalnya, umlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah mendekati angka sebelum Pandemi Covid-19 yakni berkisar di 1.100-1.200 pergerakan dengan okupansi yang lebih tinggi.

"Sehingga (Bandara) Soekarno-Hatta itu pada titik tertentu yang maksimal," kata dia.

Adapun tahun ini, terdapat kenaikan jumlah pemudik Lebaran yang mencapai 123 juta orang, dibandingkan tahun lalu sebanyak 85 juta orang.

Untuk di Jabodetabek, jumlah pemudik mengalami kenaikan dari yang awalnya 14 juta orang, menjadi 18 juta orang.

Artinya terjadi kenaikan sebesar 47 persen untuk nasional, dan 27 persen untuk Jabodetabek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com