Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Jepang, Kemenhub Komitmen Bangun "Proving Ground" di Indonesia

Kompas.com - 02/03/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen untuk membangun proving ground atau tempat pengujian kendaraan bermotor berstandar internasional di Indonesia.

Hal ini ditandai lewat penandatanganan Loan Agreement antara Konsorsium Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) di Tokyo, Jepang pada Rabu (1/3/2023).

Seremonial kerja sama dua negara ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Pembangunan proving ground diharapkan semakin meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

"Pembangunan proving ground mempunyai arti yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan produk otomotif baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor," ujar Budi Karya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Kehadiran proving ground juga sangat penting untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Menhub Beberkan Rencana Pembangunan Infrastruktur Transportasi di IKN, Apa Saja?

Peningkatan standarisasi yang dimaksud baik dari sisi keselamatan dan keamanan, kenyamanan, dan juga rendah emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan.

"Dengan ditandatanganinya loan agreement hari ini, menjadi langkah yang baik untuk mempercepat proses pembangunan proving ground pada awal tahun ini, dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini," imbuh Budi Karya.

Menhub berharap, kerja sama pembangunan proving ground akan semakin meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin baik selama 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com