Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Ikut Garap Proyek Pelabuhan Patimban, Kontraknya Rp 595 Miliar

Kompas.com - 31/12/2022, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk ikut memenangkan tender proyek pekerjaan di Pelabuhan Patimban yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat, dengan nilai total kontrak sebesar Rp 3,7 triliun.

Namun dalam proyek tersebut, porsi Waskita sebesar 16 persen atau Rp 595 miliar.

Adapun kontrak proyek senilai Rp 3,7 triliun tersebut dikerjakan oleh dua kontraktor Jepang dan tiga kontraktor Indonesia yang tergabung dalam joint venture (TWWHA).

Yaitu TOA 60% (Jepang), Waskita 16%, Wakachiku 10% (Jepang), HK 8%, Abipraya 6%. Di mana Waskita sebagai leader kontraktor Indonesia, dan TOA sebagai leader kontraktor Jepang.

Pengumuman pemenang tender proyek dengan nama Pekerjaan Paket 5 (Car Terminal Construction) Pelabuhan Patimban Tahap 1-2 ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja yang dilaksanakan pada Jumat (30/12/2022) di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta Pusat.

Baca juga: Pembangunan Pelabuhan Patimban Berlanjut, Ini Lingkup Pekerjaannya

Penandatanganan dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Paket 5: Konstruksi Terminal Kendaraan, Patimban Port Development Project (II), Yohanes Aris Widianto dengan Perwakilan Joint Operation, Nobuhiro KONO yang diberi kuasa oleh kelima Perusahaan yang tergabung dalam joint venture TWWHA.

Paket Pekerjaan ini di bawah naungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas II Patimban, Kementerian Perhubungan, rencananya akan dibangun Terminal Kendaraan yang akan menampung 1.500 kendaran peti kemas per-harinya di Pelabuhan Patimban.

SVP Corporate Secretary Perseroan Novianto Ari Nugroho menjelaskan bahwa Waskita telah mengikuti proses tender proyek sejak tahun 2021.

"Surat penetapan pengumuman pemenang sudah terbit sejak 16 Desember lalu, dan hari ini kami menyelesaikan proses penandatanganan kontrak," ujarnya dalam rilis pers.

Baca juga: Telah Ditetapkan, Ini Konsorsium Pemenang Lelang Tol Akses Patimban

Pelabuhan Patimban digadang-gadang oleh Pemerintah sebagai pelabuhan strategis untuk masa depan.

Pasalnya Pelabuhan tersebut akan menjadi salah satu pelabuhan yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem digital dalam pengoperasiannya.

Semua sistem nantinya akan terintegrasi secara digital dan dapat diakses secara real time, sehingga proses logistik bisa lebih efisien dan tidak terjadi penumpukan.

Menurut dia, secara umum Pelabuhan Patimban akan melayani jenis muatan peti kemas dan kendaraan bermotor yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar.

"Car Terminal ini nantinya memiliki kapasitas tampung hingga 600 ribu kendaraan per tahun," pungkas Novianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com