Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, Jakarta Akan Punya 3 Mal Baru

Kompas.com - 21/12/2022, 12:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pada tahun 2023, tiga mal baru akan hadir di Jakarta sehingga menambah luasan ruang ritel.

“Tambahan tiga proyek mal baru ini akan menambah luasan ruang ritel sebesar 123.200 meter persegi pada tahun 2023,” ungkap Direktur Strategic Consulting, Cushman & Wakefield, Arief Rahardjo, dalam Kilas Balik Pasar Properti 2022 & Proyeksi 2023 Menghadapi Isu Ekonomi Global.

Ketiga mal baru tersebut yakni Mall Menara Jakarta, Lippo Mall East Side, dan Podium Ritel Thamrin Nine.

Sementara itu, menurut Arief, sepanjang tahun 2022, enam proyek pembangunan mall baru telah diselesaikan dan menambah total ruang ritel seluas 43.800 meter persegi ke pasar ritel Jakarta.

Baca juga: Penjualan Central Park Mall Jakarta Sumbang Pendapatan APLN Jadi Rp 6,3 Triliun

Pada tahun 2023, penyerapan ruang ritel diperkirakan akan tumbuh seiring dengan selesainya proyek-proyek ritel besar serta peningkatan lalu lintas pelanggan.

“Kekosongan ruang ritel diproyeksikan akan menurun hingga -2,3 persen di tahun mendatang dengan permintaan sewa yang diperkirakan meningkat,” papar Arief.

Meskipun penyerapan ruang terus berlanjut, tingkat dasar sewa diharapkan tetap tidak berubah pada tahun 2023 karena masih menunggu pemulihan menyeluruh dari bisnis ritel.

Namun, insentif sewa sepertinya tidak akan berlanjut pada tahun 2023 setelah jam operasional penuh mal dan kembalinya pengunjung pusat ritel.

 

Meskipun pertumbuhan ekonomi meningkat pesat selama kuartal terakhir tahun 2022, kenaikan harga konsumen, inflasi, dan suku bunga yang sedang berlangsung diperkirakan akan menyeimbangkan pengeluaran ‘rumah tangga’ di tahun berikutnya.

Baca juga: Ini Alasan Raksasa Jepang Akuisisi Central Park Mall Jakarta

“Periode pasca-pandemi, pelonggaran pembatasan sosial Covid-19, berlanjutnya vaksinasi, dan
peningkatan daya tahan terhadap penyakit di kalangan penduduk akan berdampak positif pada arus pengunjung pusat ritel,” tambah Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com