Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AEON Mall Tanjung Barat Resmi Dibuka, Bakal Jadi Mal Zero Sampah

Kompas.com - 20/05/2022, 14:50 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - AEON Mall Tanjung Barat di Jakarta Selatan menggelar grand opening pada Jumat (20/5/2022).

Acara ini dihadiri oleh Walikota Jakarta Selatan Munjirin beserta jajaran pejabat pengelola AEON Mall Tanjung Barat.

Dalam sambutannya, Munjirin mengatakan AEON Mall Tanjung Barat kini telah menerapkan 6R, yaitu reduce, reuse, recycle, repair, refuse dan rethink.

“Semuanya adalah wujud penataan atau pengurangan sampah dan kita berharap AEON Mall Tanjung Barat bisa zero sampah, artinya tidak ada lagi sampah yang keluar dari area ini,” ujarnya di Main Atrium AEON Mall Tanjung Barat.

Munjirin berharap langkah yang diambil oleh AEON Mall Tanjung Barat bisa terus dilanjutkan dan konsisten.

Baca juga: Disiplin Prokes dan Vaksinasi Jadi Kunci Perbaikan Okupansi Mal

Selaku perwakilan Pemerintah Jakarta Selatan, Munjirin mengatakan pihaknya juga siap bekerja sama dalam melakukan pembinaan pengelolaan sampah yang baik.

Hal serupa juga disampaikan oleh Counsellor Japan Embassy Shimizu Kazuhiko dalam acara yang sama pagi hari ini.

“Saya dengar bahwa AEON Mall yang baru ini akan seratus persen mendaur ulang sampah menjadi tas ramah lingkungan. Hal ini merupakan salah satu kontribusi dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya daur ulang dan isu peduli lingkungan,” papar Kazuhiko.

Kazuhiko berharap AEON Mall Tanjung Barat dan Jakarta Selatan bisa berkembang, diiringi dengan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Jepang.

Sementara itu, Commercial National Group Division Head Sinarmas Land Hongky Jeffry Nantung meyakini akan ada peningkatan penjualan ritel offline sekitar 20-30 persen pada tahun ini.

Baca juga: Berkat Ramadhan, Kunjungan Mal Melonjak hingga 90 Persen

“Peningkatan aktivitas ritel ini nyata kami saksikan di AEON Mall Southgate Tanjung Barat yang ramai dikunjungi masyarakat sejak soft opening pada November 2021,” kata Jeffry.

Adapun AEON Mall Tanjung Barat dibangun sejak tahun 2017 untuk menjawab permintaan pasar, baik sebagai meeting point pebisnis hingga memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat.

AEON Mall Tanjung Barat merupakan salah satu proyek antara operator pusat perbelanjaan terbesar dari Jepang, AEON Mall dan Sinar Mas Land.

Mal ini berfokus pada digitalisasi dan eco-friendly untuk memberikan manfaat tidak hanya bagi konsumen, tapi kehidupan secara luas.

Adapun AEON Mall Tanjung Barat terintegrasi dengan Southgate Residence yang memiliki tiga tower, yakni Elegance, Prime dan Altuera.

Proyek hunian tersebut berdiri di atas lahan seluas 5,4 hektar dan sekitar 60 persen atau 2,2 hektar diperuntukkan sebagai ruang terbuka hijau. Harga per unit apartemen di Southgate Residence dijual mulai dari Rp 1,1 miliar-Rp 6 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com