Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pansela Jawa Minim SPBU, Basuki: Saya Sudah Sampaikan ke Pertamina

Kompas.com - 16/12/2022, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa kondisi Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sudah mulus.

Sehingga bisa menjadi pilihan para pengendara saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

Meski demikian, dia tak memungkiri jika ada kekurangan pada ruas jalan yang memiliki pemandangan indah itu. Salah satunya masih minim Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hal itu diungkapkan Basuki saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Mabes Polri, Jumat (16/12/2022).

"Saya tadi juga menyampaikan Jalur Pansela Jawa, pengalaman mudik tahun lalu sudah bagus jalannya, tetapi masih kurang karena belum banyak SPBU," jelasnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Begini Kondisi Kemantapan Jalan Nasional

Akan tetapi, Basuki telah menyampaikan soal masih minimnya ketersediaan SPBU di Jalur Pansela Jawa kepada pihak PT Pertamina (Persero).

"Tadi saya sudah sampaikan kepada Pertamina, mungkin kalau Natal dan Tahun Baru ini belum, kita siapkan pada mudik Lebaran tahun depan (2023)," tutur Menteri PUPR.

Saat ini total panjang jalan nasional ialah 46.690 km. Tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336 km.

Baca juga: Agar Jalur Pansela Jawa Diminati Pengendara, Jokowi Instruksikan Ini

Lalu, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556 km, Pulau Sulawesi sepanjang 17.284 km, dan Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792 km, dan Pulau Maluku–Papua sepanjang 6.802 km.

Secara umum, jalan nasional rata-rata sudah dalam kondisi kemantapan 91,8%.

"Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini," tutup Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com