Agar Jalur Pansela Jawa Diminati Pengendara, Jokowi Instruksikan Ini

Kompas.com - 25/05/2022, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperlancar arus pemudik pada Lebaran 2023, Presiden Jokowi meminta ada penanganan khusus soal jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Hal tersebut diutarakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rapat Terbatas Evaluasi Mudik Lebaran 2022 pada Selasa, (24/05/2022).

"Mengenai jalur selatan bahkan Pak Presiden secara khusus minta untuk dilakukan suatu asesmen kota-kota mana saja yang akan menggunakan," ujar Budi dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Pemerintah Minta 10 Rest Area Baru di Ruas Tol Jakarta-Semarang

Pihaknya melihat semestinya pergerakan kendaraan dari Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjarnegara tidak menuju ke utara, melainkan ke Pansela Jawa.

"Oleh karenanya Pak Presiden menginstruksikan kepada Pak Menteri PUPR untuk memperbesar jalur-jalur yang menuju Pansela. Agar Pansela diminati," tandasnya.

Apabila demikian, pengendara dari Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjarnegara, maupun Purwokerto akan bergerak menuju Pansela.

"Maka sebagian besar mereka yang tadinya ke utara menggunakan tol akan selatan," tutup Menhub.

Baca juga: Basuki Ajak Masyarakat Mudik Lebaran 2022 via Pansela Jawa, Instagramable dan Memorable

Untuk diketahui, kondisi terakhir Jalur Pansela Jawa telah terhubung dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur sepanjang 1.242,7 kilometer dengan kemantapan jalan 92,57 persen.

Karena totalnya 1.546,7 kilometer, maka panjang jalan yang belum tembus yaitu 304,01 kilometer.

Adapun jalan Pansela Jawa sudah tembus di tiga provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Sementara di DI Yogyakarta dan Jawa Timur belum terhubung sepenuhnya.

Di Provinsi DI Yogyakarta tembus 93,3 kilometer dan masih kurang 27,12 kilometer. Sementara di Jawa Timur sudah terhubung 350,7 kilometer dan masih kurang 276 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.