Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Rumah hingga Perbaikan Aliran Sungai Antar SIG Raih Penghargaan ISDA 2022

Kompas.com - 28/11/2022, 22:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Corporate Forum for CSR Development (CFCD) memberikan penghargaan bagi perusahaan yang melakukan penghematan energi, konservasi lingkungan, kegiatan sosial masyarakat, serta berbagai hal positif sebagai kontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Penghargaan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut,dilaksanakan CFCD melalui Indonesian SDGs Award (ISDA) 2022.

Dalam kesempatan tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG meraih 19 penghargaan yang digelar Hotel The Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, penghargaan yang diraih oleh SIG merupakan bentuk apresiasi atas langkah nyata perusahaan dalam menjalankan operasional dan praktik bisnis berkelanjutan, untuk mendukung terwujudnya 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka Dukung 2 Pabrik SIG sebagai World Heritage UNESCO

Hal tersebut sejalan dengan semangat SIG sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan untuk memberikan manfaat bagi pelanggan, khususnya masyarakat dan lingkungan pada umumnya.  

“Komitmen SIG dalam keberlanjutan, dapat dilihat dari program dan inisiatif perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social and Governance) dalam rangka memperkuat ketahanan bisnis perusahaan di masa mendatang, serta memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan," ujar Vita, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Selain Top Corporate Leadership on SDGs Years of 2022 untuk Direktur Utama SIG Donny Arsal atas komitmen kepemimpinan dalam mendorong bisnis yang berkelanjutan, sejumlah penghargaan juga diberikan kepada SIG Group yang dinilai sejalan dengan program SDGs.

PT Semen Gresik meraih tiga penghargaan yakni, kategori Gold untuk program pemberdayaan ekonomi sosial dan penguatan community engagement melalui Rumah BUMN Rembang.

Kemudian Terbaik I Local Hero untuk Kepala Desa Tegaldowo Kundari dalam program mitra yang berperan aktif dalam community involvement dan development PT Semen Gresik.

Berikutnya Terbaik II Local Hero untuk Ketua PKK Desa Ngampel Nikmatus Zahroatin dalam program pemanfaatan pekarangan dan pengembangan pangan lokal.

Kemudian PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong meraih dua penghargaan, kategori Gold untuk program pertanian terpadu penguatan ekonomi masyarakat (integrated farming) dan program Enterprise-based Vocational Education (EVE).

PT Semen Padang meraih dua penghargaan, kategori Gold untuk program perbaikan in-take aliran Sungai Lubuk Sariak di Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Serta program konservasi ikan bilih di Taman Keanekaragaman Hayati PT Semen Padang dan di Danau Singkarak Nagari Sumpur Tanah Datar.

Sementara sebelas penghargaan diraih oleh PT Semen Tonasa, di antaranya tujuh penghargaan kategori Silver melalui program bedah rumah Desa Bowong Cindea, pengembangan wisata mangrove Desa Bulu Cindea.

Kemudian program Rumah Singgah Kelurahan Bontoa, elektrifikasi pengadaan 20 unit solar cell Desa Tabo-Tabo, pengembangan pompanisasi pertanian Kelurahan Kalabbirang, Taman Kehati Bulusipong, serta bantuan beasiswa packing plant Muluku Utara.

Selain itu, PT Semen Tonasa juga meraih penghargaan kategori The Most Committed Corporate on SDGs for environment pillars, kategori Top Corporate Leadership on SDGs Years of 2022 untuk Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti.

Ada juga kategori Terbaik 3 General Manager untuk General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Andi Muhammad Said Chalik, serta kategori Terbaik 3 Community Development Officer untuk implementasi community development unit CSR PT Semen Tonasa Baso Amir.

Ajang ISDA 2022 diikuti 103 perusahaan dengan berbagai latar bidang usaha, dengan total 223 best practice, serta 30 perorangan yang terbagi ke level direksi, general manager, manager, staf CD officer, mitra dan local hero yang sudah berkontibusi dalam kegiatan SDGs.

Terdapat lima kategori terbaik dalam ISDA 2022 untuk perusahaan dengan berbagai sektor. Yakni, Top Leadership for SDGs, The Most Committed Corporate for SDGs on Social Development Pillar, Economy Development Pillar, Environment Development Pillar, serta Law and Governance Pillar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com