Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 20:24 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jimbawana yang merupakan bagian dari mixed used development PT Jimbaran Hijau, meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI) dengan nilai 78 atau peringkat Platinum pertama di Bali.

Sertifikasi tersebut diserahkan secara simbolis, oleh Ketua GBCI Iwan Prijanto kepada CEO PT  Jimbaran Hijau Putu Agung Prianta, dalam acara Asia Pacific Network-World Green Building Council Annual Meeting, 23 November 2022.

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (28/11/2022), disebutkan, untuk dapat meraih sertifikasi tersebut, Jimbawana telah melalui serangkaian penilaian dan persyaratan yang didasarkan pada beberapa aspek.

Di antaranya peningkatan ekologi lahan (land ecological enhancement), pergerakan dan konektivitas (movement and connectivity), manajemen dan konservasi air (water management & conservation).

Baca juga: Empat Sekolah Green Building di Jakarta Diresmikan, Ini Kelebihannya

Kemudian limbah padat dan material (solid waste & material), strategi kesejahteraan masyarakat (community wellbeing strategy), bangunan dan energi (buidling & energi), serta inovasi dan pengembangan ke depan (innovation & future development).

Dalam perencanaan dan pembangunan, Jimbawana berupaya menghadirkan produk properti di setiap bisnis unit, yang dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai fasilitas hijau seperti, urban farming, kawasan hutan raya yang memiliki peran sebagai penyerap karbon, jalur hijau untuk olahraga dan pedestrian pejalan kaki.

Selanjutnya taman-taman tematik dengan tempat pengumpulan air hujan, baik secara alami dengan menggunakan sistem resapan air (water catchment).

Net Zero Healthy Building

Bersamaan dengan acara penyerahan sertifikasi Greenship Neighborhood, PT Jimbaran Hijau juga menerima penghargaan Net-Zero Healthy Building untuk Bedawang Nala Hall.

Prinsip dasar penerapan bangunan net zero adalah mengoptimalkan desain bangunan sedemikian rupa sehingga dapat menekan kebutuhan konsumsi energi per tahun serendah mungkin sehingga penyediaan energi dapat mengandalkan sepenuhnya pada sistem energi terbarukan.

Bedawang Nala akan menjadi bangunan pertama di Bali yang meraih penghargaan Net Zero Healthy Building, karena dirancang dengan konsep passive design yang memanfaatkan ventilasi silang, penghawaan dan pengudaraan alami.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Head of Asia Pacific Regional Network, Green Building Council Carry Chan.

Selain Jimbawana, PT Jimbaran Hijau tengah mengembangkan Natadesa Resort Residence, yang merupakan salah satu perencanaan dan pembangunan di kawasan Jimbawana yang mengedepankan keberlanjutan.

Natadesa Resort Residence mencakup 20 vila yang dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektar, dengan desain modern tropis, dan terinspirasi harmoni alam Bali.

PT Jimbaran Hijau sendiri merupakan pengembang dan pengelola Jimbaran Hijau, sebuah kawasan wisata terpadu yang dibangun sejak 2013.

Pengembangan terkini kawasan Jimbaran Hijau adalah Damara Village, Natadesa Resort Residence, Natadesa & Locca Beach Club.

Fasilitas pendukung lainnya antara lain Jimbaran Hub sebagai pusat perkantoran, galeri, Wantilan Courtyard Outdoor Venue, Colabo Coworking Space, tempat bermain untuk anak-anak Jungle Play, Jet Skate dan terbaru adalah Bedawang Nala Hall.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com