Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan tahun Baru, PT KAI Divre I Sumut Sediakan 95.688 Tiket

Kompas.com - 28/11/2022, 21:00 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Divisi Regional I Sumatera Utara membuka penjualan tiket kereta api untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 secara bertahap mulai 7 November atau H-45 keberangkatan.

Periode angkutan Nataru yang ditetapkan adalah keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

PT KAI memastikan tiket antar-kota atau kereta api jarak jauh Sribilah relasi Medan-Rantauprapat (PP) dan Putri Deli relasi Medan-Tanjungbalai (PP) masih tersedia.

Pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru, PT KAI menyediakan 5.316 tiket per hari untuk mengantisipasi kebutuhan perjalanan jarak jauh, total ada 95.688 tiket selama libur nanti.

Manager Humas Divre I SU Mahendro Trang Bawono mengatakan, sejak pemesanan tiket dibuka, sampai Kamis (24/11/2022), telah terjual 261 tiket. Relasi perjalanan yang menjadi favorit adalah Medan-Tanjungbalai (PP), terjual 159 tiket.

Baca juga: KAI Siapkan 2,1 Juta Tiket Kereta buat Natal dan Tahun Baru, Segini yang Masih Tersedia

"Kami meningkatkan pelayanan dengan memberi waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru jauh-jauh hari," ujar Mahendro, Senin (28/11/2022).

Pelanggan bisa memesan tiket secara online melalui KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box serta seluruh mitra resmi lainnya.

"Ketersediaan tiket akan terus berubah karena pemesanan sudah secara online," imbuhnya.

Untuk syarat naik kereta api, KAI masih menerapkan aturan sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 yaitu: pelanggan kereta api jarak jauh berusia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga atau booster. Pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.

Selain itu, akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer.

Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.

Konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan terjaga dengan baik.

"Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api. Kami komitmen melayani pelanggan sebaik mungkin melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman dan nyaman,” tuntas Mahendro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+