Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan tahun Baru, PT KAI Divre I Sumut Sediakan 95.688 Tiket

Kompas.com - 28/11/2022, 21:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Divisi Regional I Sumatera Utara membuka penjualan tiket kereta api untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 secara bertahap mulai 7 November atau H-45 keberangkatan.

Periode angkutan Nataru yang ditetapkan adalah keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

PT KAI memastikan tiket antar-kota atau kereta api jarak jauh Sribilah relasi Medan-Rantauprapat (PP) dan Putri Deli relasi Medan-Tanjungbalai (PP) masih tersedia.

Pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru, PT KAI menyediakan 5.316 tiket per hari untuk mengantisipasi kebutuhan perjalanan jarak jauh, total ada 95.688 tiket selama libur nanti.

Manager Humas Divre I SU Mahendro Trang Bawono mengatakan, sejak pemesanan tiket dibuka, sampai Kamis (24/11/2022), telah terjual 261 tiket. Relasi perjalanan yang menjadi favorit adalah Medan-Tanjungbalai (PP), terjual 159 tiket.

Baca juga: KAI Siapkan 2,1 Juta Tiket Kereta buat Natal dan Tahun Baru, Segini yang Masih Tersedia

"Kami meningkatkan pelayanan dengan memberi waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru jauh-jauh hari," ujar Mahendro, Senin (28/11/2022).

Pelanggan bisa memesan tiket secara online melalui KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box serta seluruh mitra resmi lainnya.

"Ketersediaan tiket akan terus berubah karena pemesanan sudah secara online," imbuhnya.

Untuk syarat naik kereta api, KAI masih menerapkan aturan sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 yaitu: pelanggan kereta api jarak jauh berusia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga atau booster. Pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.

Selain itu, akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer.

Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.

Konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan terjaga dengan baik.

"Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api. Kami komitmen melayani pelanggan sebaik mungkin melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman dan nyaman,” tuntas Mahendro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com