Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Dinamis KCJB Akan Disaksikan Jokowi, Begini Persiapannya

Kompas.com - 10/11/2022, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal disaksikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping melalui telekonferensi.

Dilansir dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (10/11/2022), uji coba ini merupakan rangkaian persiapan KCJB untuk tampil di G20 Showcase pada 16 November 2022 mendatang.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Rahadian Ratry mengatakan, proyek tersebut tengah dimatangkan dan diuji coba mulai 11 November 2022.

Nantinya kedua presiden akan melihat kecanggihan rangkaian CIT KCJB dalam proses uji dinamis ini.

Adapun seluruh rangkaian EMU dan CIT sudah selesai dirakit ulang dan siap melaju setelah menjalani serangkaian tes.

Baca juga: LRT Jabodebek Bakal Terkoneksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Setelah melalui proses panjang mulai dari pengiriman dari Tiongkok, lalu pengiriman via darat dari Jakarta, seluruh EMU KCJB dan CIT sudah tersambung dan siap menjalani rangkaian pengujian. EMU dan CIT KCJB saat ini sudah singgah di Depo Tegalluar dalam kondisi siap uji," ujar Rahadian.

Sementara di Tegalluar, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo dinyatakan rampung.

Begitu juga dengan instalasi Listrik Aliran Atas (LAA) yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB di G20 Showcase.

Beralih ke lintasan, track laying activity dari Depo Tegalluar sampai DK 127+134 telah rampung untuk kedua arah. Lintasan inilah yang nantinya digunakan untuk kebutuhan Uji dinamis.

Rahadian mengatakan saat ini pihaknya tinggal melakukan serangkaian pengujian bertahap mulai dari uji statis hingga dinamis untuk mengukur kemampuan fitur yang ada di KCJB.

Baca juga: Tiga Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Depo Tegalluar

"Saat ini fokus kami melakukan berbagai pengujian secara bertahap untuk G20. Baik itu pengujian fitur kereta ataupun sarana perkeretaapian. Tentu saja kami harapkan semuanya berjalan lancar tanpa kendala," tambahnya.

Sebagai infromasi, KCJB merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3/2016.

KCJB memiliki trase sepanjang 142,3 kilometer dengan 4 stasiun yakni Stasiun Halim di Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang sebagai stasiun Hub dan Stasiun Tegalluar di Kabupaten Bandung sebagai stasiun akhir.

Saat ini proses penyelesaian konstruksi terus berproses jelang masa operasional pada tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com