Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik 3 Kali Lipat, Nilai Kontrak Baru Acset Capai Rp 1,1 Triliun

Kompas.com - 30/10/2022, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Hingga kuartal III tahun 2022, PT Acset Indonusa Tbk (Acset) berhasil menunjukan kenaikan performa perusahaan.

Hal ini ditunjukan dengan raihan nilai kontrak baru yang mencapai Rp1,1 triliun. Raihan tersebut
naik tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yakni Rp370 miliar.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Acset menjelaskan capaian kontrak baru ini tidak lepas dari dukungan rantai nilai Grup Astra melalui proyek Penambahan lajur Cikande–Serang Timur pada ruas Tol Jakarta–Merak serta fasilitas pabrik di PT Astra Daihatsu Motor dan PT Astra Honda Motor.

Acset juga terus aktif mengikuti tender-tender yang ada dan mengambil momentum ini sebagai waktu yang tepat agar perusahaan dapat fokus dalam melakukan perbaikan internal yang kontinu, khususnya dalam aspek operational excellence.

Baca juga: Acset Raup Kontrak Baru Rp 516,4 Miliar Selama Kuartal II

Sementara itu, besar pendapatan bersih yang didapatkan tahun ini adalah Rp 794 miliar. Jumlah tersebut justru turun bila dibandingkan dengan kuartal III tahun 2021 yakni sebesar Rp1,08 triliun.

Pendapatan tersebut didapatkan perusahaan masing-masing dari sektor infrastruktur sebesar 39 persen, disusul oleh sektor struktur sebesar 36 persen, dan sektor fondasi sebesar 25 persen.

Hingga kuartal III 2022, Acset telah menunjukan perbaikan berkelanjutan melalui penurunan rugi bersih sebesar 41 persen, di mana dari awalnya dari Rp386 miliar menjadi Rp227 miliar.

Sebagai tambahan, Acset telah secara proaktif mengambil langkah strategis sebagai bentuk mitigasi terhadap dampak berkepanjangan yang mungkin timbul dengan adanya isu kenaikan harga bahan baku konstruksi.

 

Beberapa langkah yang ditempuh diantaranya melakukan efisiensi biaya operasional melalui inovasi dan sejumlah inisiatif pendukung, pengawasan proyek dengan lebih ketat, serta mengkaji proses bisnis secara intensif.

Baca juga: Acset Angkat Direktur Baru, Ini Susunannya

Acset percaya telah mengambil langkah yang tepat dalam rangka meningkatkan kinerja secara berkelanjutan, menyeluruh dan tetap optimis akan seluruh peluang yang ada di waktu yang akan datang.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com