Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metaverse di IKN Itu Bernama Jagat Nusantara

Kompas.com - 29/10/2022, 13:58 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pembangunan baru tahap awal, namun Anda bisa merasakan sensasi berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui metaverse bernama Jagat Nusantara.

Pasalnya, Jagat Nusantara bisa diunduh secara gratis melalui App Store maupun Playstore atau bisa diakses melalui situs web play.jagat.io

Pengalaman berada di IKN bisa Anda rasakan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan Jagat Nusantara.

Dalam meluncurkan Jagat Nusantara, Jokowi didampingi Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Jakarta, Jumat (29/10/2022).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara," tegas kepala negara itu.

Sementara Wishnutama menuturkan, dalam kehidupan saat ini yang didominasi oleh teknologi dan digitalisasi, Indonesia harus bersiap berkompetisi menangkap peluang dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Jokowi Luncurkan Jagat Nusantara, Metaverse di IKN

"Oleh karena itu, melalui Jagat Nusantara kita berupaya berkompetisi melalui kreativitas dan inovasi kita coba wujudkan sebuah platform social immersive (lingkup sosial) berbasis web dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual," tutur dia dalam pidatonya.

Wishnutama berpendapat, Jagat Nusantara bisa dibilang sebagai the next generation of social media (generasi penerus media sosial).

Menurutnya, hasil kerja keras dan kolaborasi anak muda Indonesia akhirnya menghadirkan IKN dalam dunia virtual berangkat dari inisiasi Presiden sendiri.

"Bagaimana dengan teknologi kita dapat menghadirkan engagement atau kegiatan kota nyata di masa depan ke dalam dunia virtual pada hari ini," sambungnya.

Pada aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng (nobar) film, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi imersif lainnya, baik melalui gawai maupun situs web.

Jagat akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari pengguna untuk membuat lebih banyak inovasi sebagai platform inklusif.

Nantinya, hal ini bertujuan dalam memenuhi kebutuhan ekspresi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com