Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Daftar 10 Desa Termaju di Indonesia

Kompas.com - 27/10/2022, 13:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Desa identik dengan daerah terpencil, berperadaban yang tidak semaju, secanggih, dan sepraktis perkotaan. Namun, bukan berarti desa tersebut dapat dikatakan tertinggal.

Kemajuan sebuah desa tidak dapat dibandingkan dengan daerah perkotaan. Desa memiliki tolok ukurnya sendiri untuk mendefinisikan apakah desa tersebut bisa dikatakan tertinggal atau tidak.

Terdapat tiga indeks pengukuran yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam mengukur kemampuan sebuah desa.

Baca juga: Catat, Hanya Lima Provinsi yang Tak Lagi Punya Desa Tertinggal

Ketiga indeks ini adalah indeks ketahanan sosial (IKS), indeks ketahanan ekonomi (IKE), dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan (IKL).

Rata-rata dari penilaian ini akan menentukan mana kategori yang cocok, desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal, atau desa sangat tertinggal.

Di antara 74.955 desa di Indonesia, berikut daftar 10 desa dengan penilaian indeks desa membangun (IDM) tertinggi pada tahun 2022

  1. Desa Peliatan, Gianyar - Bali: nilai IDM 0.9981
  2. Desa Panjalu, Ciamis - Jawa Barat: nilai IDM 0.9981
  3. Desa Gentengkulon, Banyuwangi - Jawa Timur: nilai IDM 0.9981
  4. Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu - Jawa Timur: nilai IDM 0.9981
  5. Desa Sidomulyo, Kota Batu - Jawa Timur: nilai IDM 0.9981
  6. Desa Ubung Kaja, Denpasar - Bali: nilai IDM 0.9962
  7. Desa Merkawang, Tuban - Jawa Timur: nilai IDM 0.9943
  8. Desa Mengwitani, Badung - Bali: nilai IDM 0.9924
  9. Desa Lengkong, Bandung - Jawa Barat: nilai IDM 0.9906
  10. Desa Gentengwetan, Banyuwangi - Jawa Timur: nilai IDM 0.9905

Berdasarkan data Kemendes, rata-rata desa di Indonesia masuk dalam kategori berkembang dengan IDM 0.6724. Dari 33 provinsi, 20 di antaranya sudah memiliki IDM di atas rata-rata nasional.

Provinsi dengan rata-rata IDM tertinggi dimiliki oleh Bali dengan nilai 0.8269 dan menjadi daerah satu-satunya yang memiliki status desa mandiri. Wajar saja, sekitar 60.69 persen dari total desa di Bali sudah berstatus mandiri.

Berbeda dengan Bali, desa-desa di provinsi Papua dan Papua barat masih memerlukan banyak bantuan dan perhatian dalam upaya pembangunannya.

Kedua provinsi ini memiliki nilai IDM terkecil di Indonesia. Rata-rata desa di Papua berstatus sangat tertinggal dengan IDM 0.4676, sedangkan Papua Barat berstatus tertinggal dengan IDM 0.5184.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com