Kompas.com - 05/10/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah meresmikan operasionalisasi Flyover Kopo sepanjang 1,3 kilometer.

Peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Sabtu (1/10/2022).

Menurut Hedy, kehadiran Flyover Kopo ini dapat mempersingkat waktu perjalanan yang sebelumnya 30 menit, kini bisa hanya satu menit jika arus lalu lintas (lalin) dalam keadaan lancar.

"Daerah ini sangat padat khususnya pada pagi hari saat jam berangkat kerja. Dengan adanya flyover ini bisa menghemat waktu yang sebelumnya 30 menit sekarang kalau lancar mungkin hanya satu menit,” ucapnya dilansir laman Kementerian PUPR, Rabu (5/10/2022).

Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta di Kopo yang merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Baca juga: Akan Dibangun Monumen Cibaduyut di Flyover Kopo, Ridwan Kamil yang Desain

Selain bangun fisik flyover, Ditjen Bina Marga melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat juga melebarkan Jalan Soekarno-Hatta sisi selatan sepanjang 1,7 kilometer.

Sementara itu, Flyover Kopo memiliki kapasitas 4.000 kendaraan per jam untuk kedua arahnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi beroperasinya Flyover Kopo sebagai hasil kerja pemerintah pusat guna meningkatkan konektivitas di wilayah Jabar, khususnya Kota Bandung.

Pemprov Jabar menyampaikan terus mendukung proses pembangunan Flyover Kopo, salah satunya membebaskan tanah sejak 2014 dengan total anggaran Rp 144 miliar.

Baca juga: Usai Flyover Kopo, Akan Dibangun Jalan Layang Buah Batu-Kiaracondong di Bandung

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil pun itu mengaku dapat penugasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengerjakan beautifikasi Flyover Kopo dengan penambahan ornamen ikon wilayah daerah setempat.

Flyover Kopo juga akan dihiasi dengan Monumen Cibaduyut yang terkenal dengan sentra industri sepatu.

“Masukan Pak Menteri PUPR, ada ornamen agar siang hari tidak terlihat terlalu rata, karena flyover ini menggunakan lampu teknologi baru (yang diletakkan) di bawah. Sehingga, tidak ada lampu vertikal, atas arahan Pak Menteri saya akan coba, tempat ini jadi membanggakan secara fungsi dan estetikanya,” tandas Kang Emil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.