Kompas.com - 05/10/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melelang dua jalan tol pada Kuartal 4 tahun 2022 ini.

Kedua ruas jalan tol yang dimaksud adalah Tol Semanan-Balaraja di Provinsi Banten dan Jawa Barat, serta Tol Cikunir-Karawaci di Banten dan DKI Jakarta.

Namun, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna tak menyebut kapan waktu tepatnya.

Sejatinya, kedua proyek tersebut akan ditawarkan menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Untuk jalan tol, secara KPBU lebih mature (dewasa), bagaimana industrinya sudah lebih sehat,” ujar Herry usai konferensi pers Road to CreatIFF 2022: Inovasi Pembiayaan Infrastruktur PUPR yang Berketahanan dan Berkelanjutan, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Mempertanyakan Urgensi Proyek Tol Cikunir-Karawaci, Masyarakat Lontarkan Kritik Pedas

Jalan Tol Semanan-Balaraja akan terhubung dengan ruas Jalan Tol TangerangaMerak, Serpong-Balaraja, dan enam ruas tol dalam kota DKI.

Infrastruktur konektivitas ini direncanakan memiliki 9 simpang susun. Saat ini proyek ini sedang diusulkan untuk masuk ke dalam PPP Book.

Tol Semanan-Balaraja terletak di Provinsi Banten, tepatnya di daerah Kota Tanggerang dan Kabupaten Tanggerang.

Titik awal tol akan berada di on/off ramp Semanan sampai interchange Balaraja, tol ini akan terhubung dengan Tol Tangerang - Merak.

Adapun Pemrakarsa konsorsiumnya adalah PT Alam Sutera Realty dan PT Perentjana Djaja.

Baca juga: Bila Tol Beroperasi, Perjalanan Pekanbaru-Bangkinang Cuma 30 Menit

Sedangkan Tol Cikunir-Karawaci dirancang dengan panjang kurang lebih 40 kilometer ini akan dibangun di atas ruas jalan tol dalam kota yang dapat meningkatkan kinerja jaringan jalan di Jabotabek serta mengatasi masalah kemacetan.

Titik awal terletak di Cikunir (persimpangan antara Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Deta dan titik akhir setelah persimpangan Alam Sutera.

Sebagai informasi, jalan tol ini diprakarsai oleh PT Earth Investment Indonesia dan PT Lintas Indonesia Sejahtera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.